Lukisan Gua Tertua Dunia Ada di Indonesia, Usianya 45.500 Tahun

Kamis, 14 Januari 2021 22:00

digtara.com – Lukisan gua tertua di dunia ditemukan di Indonesia. Ahli arkeologi menyampaikan penemuan seni cadas lukisan babi di gua Leang Tedongnge, Sulawesi, menandakan bahwa pola pokir manusia prasejarah tidak sesederhana yang dipikirkan manusia saat ini.

Menurut Peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Adhi Agus Oktavia, temuan itu menandakan bahwa mereka mampu mengekspresikan diri hingga mengkomunikan kepada generasi setelahnya tentang kondisi saat itu.

“Selain itu kalau dari nilai kebanggaan ya kita harusnya kan bangga. Di Eropa, mungkin gambar-gambar yang real untuk perburuan sedikit. Di kita sudah banyak dan umurnya jelas. Berarti pola pikir masyarakat prasejarah (di Indonesia) hampir sama kayak di Eropa,” terang Adhi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (19/1).

Lukisan babi di dalam gua Leang Tedongnge itu diperkirakan berusia 45.500 tahun. Lukisan itu diketahui berada di gua Leang Tedongnge, Sulawesi Selatan.

Selain di Sulawesi, lukisan gua kuno juga ditemukan di Kalimantan. Lukisan batu berusia 40 ribu tahun itu sempat didaulat sebagai yang tertua di dunia.

Temuan di Semenanjung Sangkulariang-Mangkalihat, Kalimantan Timur itu juga diperkirakan berusia lebih tua dari lukisan lain yang ditemui di Perancis, dan Spanyol yang sebelumnya mendapat predikat sebagai yang tertua.

Diduga Homo Sapiens

Laman: 1 2 3

Berita Terkait