Lahan Eks HGU PTPN II Tidak Berhak Dialihkan ke Pihak Ketiga

  • Whatsapp
Lahan Eks HGU PTPN II Tidak Berhak Dialihkan ke Pihak Ketiga
Kawasan pemukiman pensiunan karyawan PTPN II yang diduga akan dirubuhkan untuk pembangunan proyek Kota Deli Megapolitan. (istimewa)

digtara.com – LBH Medan sangat menentang peralihan Eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II ke pihak ketiga. Sebab, Eks HGU dikuasai langsung oleh negara.

Hal itu juga berlaku di perumahan pensiunan Emplasemen Kebun Helvetia, Dusun 1 Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli yang merupakan bagian dari Eks HGU PTPN II seluas 5.873,06 Ha.

Demikian diungkapkan Kepala Divisi Sumber Daya Alam LBH Medan, Muhammad Alinafiah Matondang, Senin (22/2/2021). Dijelaskan Ali, berdasarkan SK Kepala BPN Nomor 42, 43 dan 44/HGU/BPN/2002, tanggal 29 November 2002 dan Nomor 10/HGU/BPN/2004, tanggal 6 Februari 2004 seluas 5.873,06 Ha dikeluarkan dari HGU PTPN II berdasarkan Risalah panitia B Plus. Disebabkan antara lain adanya perumahan pensiunan karyawan seluas 558,35 Ha, maka secara yuridis telah jelas Eks HGU PTPN II dikuasai langsung oleh negara.

Muat Lebih

Dengan demikian para pensiunan berhak untuk mendapatkan pendistribusian tanah tanah eks PTPN II ini dari negara yang diantaranya pada lokasi perumahan pensiunan Emplasmen Kebun Helvetia Dusun 1 Desa Helvetia. Diketahui, kawasan selama berpuluh tahun sudah di tempati oleh Masidi, dan kawan-kawan yang saat ini tengah didampingi oleh LBH Medan.

Dan tidak tertutup kemungkinan juga pendistribusian pada perumahan pensiunan pada lokasi lainnya kebun PTPN II.

Baca: Pengurus LBH dan Wanita FKPPI Dilantik, Gubsu : Organisasi ini Komponen Cadangan TNI Polri

“Jelas perumahan pensiunan yang ditempati Masidi dan lainnya merupakan termasuk Eks HGU PTPN II seluas 5.873,06 Ha. maka PTPN II tidak berhak dalam mengalihkan lahan kepada pihak lain,” jelas Alinafiah.

Ali juga menjelaskan, bilapun mengikuti seleranya PTPN II, bahwa di Pasal 14 ayat (1) PP No. 40/1996, HGU diberikan untuk pertanian, perkebunan, perikanan dan atau peternakan. Tapi saat ini, PTPN II mengalihkan sebahagian HGU untuk Hak Guna Bangunan (HGB) proyek pembangunan Kota Deli Megapolitan maka tidak sesuai peruntukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan