Komplotan Perampok di Sumba Terancam Hukuman Penjara 12 Tahun

Rabu, 22 Juni 2022 14:16
ist
Dalam Sehari, Polres Sumba Timur Bekuk 4 Pelaku Pencurian di 2 Kabupaten

digtara.com – Empat tersangka yang juga komplotan perampok sudah ditahan di Polres Sumba Timur sejak Rabu (22/6/2022). Perampok Sumba Terancam Penjara

Para pelaku pun terancam hukuman 12 tahun penjara.

“Pasal 365 ayat (2) ke 1 dan ke 2 KUHP untuk eksekutor. Sedangkan untuk otak dan yang membantu kita kenakan pasal 365 ayat (2) ke 1 dan ke 2 Jo 55 KUHP,” ujar Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu, SH, Rabu (22/6/2022).

Pasal 365 ayat (2) KUHP menyatakan hukuman penjara selama-lamanya dua belas tahun, dijatuhkan : 1e. jika perbuatan itu dilakukan pada waktu malam didalam sebuah rumah atau pekarangan yang tertutup, yang ada dirumahnya atau dijalan umum atau didalam kereta api atau trem yang sedang berjalan.

Baca: Terungkap! Kasus Perampokan di Sumba Timur Karena Dendam, Pelaku Sewa Perampok Bayaran

Sementara ayat (1) menyatakan dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun, dihukum pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang, dengan maksud akan menyiapakan atau memudahkan pencurian itu atau jika tertangkap tangan (terpergok) supaya ada kesempatan bagi dirinya sendiri atau bagi kawannya yang turut melakukan kejahatan itu akan melarikan diri atau supaya barang yang dicuri itu tetap, ada ditangannya.

2e. Jika perbuatan itu dilakukan oleh dua orang bersama-sama atau lebih.

“Diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, terhadap orang dengan maksud untuk mempersiapkan atsu mempermudah pencurian, atau dalam hal tertangkap tangan, untuk memungkinkan melarikan diri sendiri atau peserta. ini hukuman bagi mereka yang membantu pelaku,” tandas Kasat Reskrim.

Aparat keamanan unit Buser Polres Sumba Timur, NTT menangkap 4 orang pelaku pencurian dengan kekerasan yang beraksi di Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur.

Secara maraton, anggota polisi dipimpin Kasat Reskrim Polres Sumba Timur, Iptu Salfredus Sutu, SH dan Kanit Buser, Bripka Christovel Tubulau dan dibantu Kapolsek Rindi, Iptu Feri Jubire menangkap 4 pelaku pencurian di 2 kabupaten yang berbeda yakni Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur.

Satu pelaku pencurian terpaksa dihadiahi timah panas pada kaki kanan karena berupaya melawan petugas dan menyerang polisi dengan benda tajam.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait