Kecewa Pelayanan Rumah Sakit, Jenazah Pasien Covid-19 di Rote Ndao Dibawa Pulang ke Rumah

  • Whatsapp
Kecewa Pelayanan Rumah Sakit, Jenazah Pasien Covid-19 di Rote Ndao Dibawa Pulang ke Rumah
Kecewa Pelayanan Rumah Sakit, Jenazah Pasien Covid-19 di Rote Ndao Dibawa Pulang ke Rumah (digtara.com/immanuel lodja)

digtara.com – Kejadian membawa pulang jenazah pasien covid-19 terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ba’a, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Minggu (24/1/2021).

Rombongan keluarga berasal dari Desa Modosinal, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao nekat membawa pulang jenazah yang diduga telah terpapar Covid-19.

Ironisnya, keluarga yang menggotong jenazah tidak mengenakan alat pelindung diri yang memadai. Mereka hanya menggunakan masker seadanya.

Muat Lebih

Diketahui aksi nekat itu dipicu oleh sikap managemen RSUD yang tidak menerapkan protokol kesehatan terhadap pasien Covid-19 tersebut, hingga yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia.

“Tadi malam saja, almarhumah masih tidur bersama cucunya di atas tempat tidur di ruang IGD,” ujar kerabat korban, Yohana Hello.

Baca: Sadis! Calon Pengantin Tewas Dipenggal Kerabatnya di Kupang

Menurut Yohana, sejak korban masuk rumah sakit pada Jumat (22/1/2021), pihak rumah sakit tidak pernah menjelaskan bahwa almarhum reaktif, atau terkonfirmasi positif Covid-19. Namun saat meninggal baru diberitahu bahwa korban terpapar virus asal Wuhan China itu.

“Sejak awal tidak disampaikan, bahkan sama sekali tidak ada penanganan sesuai protokoler kesehatan. Ini terkesan ada pembiaran. Kami tanya ke dokter dan suster, tidak ada yang memberikan penjelasan. Karena itulah, kami keluarga membawa paksa pulang almarhum untuk dimakamkan,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar