Jembatan Miring dan Membahayakan, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Jalur Alternatif

Selasa, 10 Januari 2023 16:04
ist
Jembatan Miring dan Membahayakan, Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Jalur Alternatif

digtara.com – Curah hujan yang tinggi masih terjadi di wilayah Kabupaten Kupang, NTT.

Akibat curah hujan tinggi yang terjadi sejak bulan November 2022 silam maka mengakibatkan jembatan Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang yang menghubungkan ruas jalan dari Oelamasi ke Kecamatan Sulamu, Kecamatam Fatuleu Batat dan wilayah Amfoang, Kabupaten Kupang mengalami kemiringan.

Hal ini membahayakan pengendara yang melewati jembatan tersebut hingga perlu dilakukan perbaikan untuk meminilisir terjadinya kecelakaan sewaktu-waktu jembatan ambruk.

Baca: Pantau Jembatan Ambruk, Kapolda NTT dan Kapolres Kupang Beri Bantuan bagi Warga Korban Bencana Alam

Akibat terjadi kemiringan jembatan tersebut, dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kupang, BKSDA, Camat Sulamu dan Kepala Desa Bilolo bersama Polsek Sulama bersama – sama meninjau lokasi.

Dengan bantuan PT HMN maka dikerjakan perbaikan jembatan tersebut berupa pengangkatan badan jembatan yang miring.

Warga juga melakukan pengecoran untuk menopang badan jembatan yang miring sehingga dapat dilalui kembali oleh kendaraan yang melintasinya.

Sejak Senin (9/3/2023) dilakukan pengerjaan badan jembatan tersebut selama waktu hingga beberapa hari kedepan.

Berkenaan dgn proses pengerjaan tersebut, untuk sementara akses jalan ditutup dan melewati jalan alternatif yang sebelumnya telah dibuka/dikerjakan oleh PT HMN melewati sekitar lokasi hutan konservasi Bipolo maupun melewati lahan warga sekitar.

Pihak Polsek sulamu mengamankan lokasi pengerjaan jembatan serta mengatur arus lalu lintas untuk dialihkan melewati jalan alternatif yang dikerjakan oleh PT HMN.

“Kami juga memantau para pekerja yang berada di bawah jembatan sekaligus memberikan peringatan untuk selalu berhati – hati dalam pengerjaan jembatan karena dikhawatirkan sewaktu – waktu terjadi reruntuhan badan jembatan yang ada diatas badan jalan,” ujar Kapolsek Sulamu, Ipda Defri Wee, SH, Selasa (10/1/2023).

Laman: 1 2

Berita Terkait