Jelang Hari Tani 2020, AKBAR: Kami Akan Sebarkan Virus Perlawanan ke Penjuru Sumut

  • Whatsapp
Jelang Hari Tani 2020, AKBAR: Kami Akan Sebarkan Virus Perlawanan ke Penjuru Sumut
AKBAR Sumut saat gelar konferensi pers menuju Hari Tani Nasional 2020 di kantor LBH Medan.

digtara.com – Menuju Hari Tani 2020, Sejumlah organisasi sipil yang tergabung dalam Akumulasi Kemarahan Buruh dan Rakyat (AKBAR) mengatakan akan menyebarkan virus perlawanan ke seluruh penjuru Sumatera Utara (Sumut). Jelang Hari Tani 2020

Hal itu dikatakan oleh staff advokasi Bakumsu, Abdul Hakim Sembiring saat Akbar Sumut menggelar konferensi pers di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan. Dikatakannya, Kamis 24 September 2020 Akbar Sumut akan geruduk kantor gubernur Sumatera Utara dan DPRD Sumut.

“Omnibus Law mengkhianati cita-cita reformasi nasional yang sudah disesalkan sejak keberadaan pokok Agraria. Bagi kami, ketika pemerintah dan DPR RI tetap memaksakan agenda ini di tengah pandemi, maka kami akan sebarkan virus perlawanan ini ke seluruh penjuru Sumut, sebagai bagian dari perlawanan rakyat di seluruh Indonesia,” jelasnya kepada wartawan, Senin (21/9/2020).

Muat Lebih

Di sisi lain, Staf Divisi Agraria LBH Medan, Ali Nafiah Matondang mengatakan dalam proses pembahasan Omnibus Law sangat tertutup dan tidak ada perwakilan dari masyarakat. Selain itu, kebijakan Omnibus Law juga dinilai mengarah untuk mendukung proses industrialisasi, di tengah kondisi kultur masyarakat yang sebenarnya berciri agraris.

Hancurkan Masyarakat Adat

“Investasi yang berada dibalik RUU Omnibus Law berpotensi untuk menghancurkan masyarakat adat. Di samping itu pula sampai saat ini tidak ada keinginan dari pemerintah untuk menyelesaikan kondisi agraria,” sebutnya.

Baca: Ribuan Buruh Geruduk Kantor Walikota Medan, Tolak RUU Omnibus Law

Di uraikan pula beberapa point yang sangat berbahaya dari RUU Omnibus Law ialah hilangnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak rakyat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan