Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Masyarakat Dolok Madina Geruduk Kantor DPRD Sumut

  • Whatsapp
Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Masyarakat Dolok Madina Geruduk Kantor DPRD Sumut
Puluhan mahasiswa dan masyarakat Kecamatan Dolok, Madina berunjukrasa di depan kantor DPRD Sumatera Utara Mereka menuntut dilakukannya perbaikan Jalan Provinsi di wilayah mereka yang kini kondisinya rusak parah. (Alvi Suwitra/Digtara)

digtara.com – Puluhan mahasiswa dan masyarakat Kecamatan Dolok, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, menggelar aksi unjuk rasa ke kantor DPRD Sumut di Jalan Imam Bonjol Kecamatan Medan Petisah Kota Medan, Senin (21/9/2020).

Mereka berunjuk rasa untuk mendesak DPRD Sumatera Utara segera mendorong penyediaan anggaran untuk pembangunan jalan lintas Provinsi Sumatera Utara di daerah mereka. Jalan Provinsi yang ada saat ini sudah tidak layak.

“Selama 75 tahun kita merdeka, kami belum bisa merasakan arti dari kemerdekaan khususnya masyarakat di Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas karena jalan lintas provinsinya sangat buruk dan tidak layak dilalui masyarakat. Sehingga berdampak pada sektor kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat, ” sebut Kordinator aksi, Samsu Budiman Tanjung.

Muat Lebih

 

TIGA LOKASI

Samsu menjelaskan, ada tiga lokasi Jalan Provinsi yang rusak di daerah mereka. Total panjang keseluruhan jalan itu mencapai 39 kilometer.

“Ada 3 titik lokasi yang rusak parah dan tidak layak untuk di lalui. Bahkan selama 75 tahun itu, tidak pernah sekalipun di aspal, ” tegasnya.

3 titik lokasi yang dimaksud adalah, pertama Jalur Lintas Provinsi yang ada di Kecamatan Dolok dari Desa Dalihan Natolu menuju Desa Pasar Sipiongot sepanjang 5 KM. “Kondisi jalan disitu rusak parah (hancur) dan berlubang, ” ujarnya.

Kedua, Jalan Lintas Provinsi yang ada di Kacamatan Dolok dari Desa Janji Matogu menuju Desa Sibio-bio sepanjang 17 KM.

“Jalan ini menghubungkan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas dengan Kecamatan Aek Bilah Kabupaten Tapanuli Selatan dengan kondisi jalan tanah yang berlumpur, ” jelasnya.

Ketiga, Jalan Provinsi yang ada di Kecamatan Dolok dari Desa Binanga Panasahan menuju Desa Janji Manahan sepanjang 17 KM.

“Jalan ini menghubungkan Kecamatan Dolok Kabupaten Padang Lawas Utara dengan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, ” tandasnya.

Selain jalan, Samsu juga mengatakan ada jembatan yang terletak di Desa Pijorkoling menuju Desa Binanga Panasahan. Kondisi jembatan tersebut sudah tidak layak di lewati roda empat, dan di khawatirkan akan memakan korban.

 

DITINDAKLANJUTI

Aksi unjuk rasa ini ditanggapi anggota DRPD Sumut, Abdul Rahim Siregar dan Syahrul Siregar. Abdul mengatakan, pihaknya menerima aspirasi warga dan akan menindaklanjutinya agar dapat dianggarkan di APBD tahun 2021 mendatang.

“Kami menerima aspirasi dari adik-adik mahasiswa. Sebenarnya kami juga sudah pernah reses ke sana melihat langsung lokasinya. Kami akan bersama kalian, akan memperjuangkan ini agar diangkat menjadi APBD 2021, ” tandasnya.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Masyarakat Dolok Madina Geruduk Kantor DPRD Sumut

Pos terkait

Tinggalkan Balasan