Ingatkan Pemudik, Satgas Covid-19: Pandemi Belum Berakhir!

Kamis, 28 April 2022 10:10
suara.com
Ingatkan Pemudik, Satgas Covid-19: Pandemi Belum Berakhir!

digtara.com – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama di perjalanan mudik Lebaran 2022 hingga saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah nanti.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pandemi belum berakhir, pemerintah masih memantau perkembangan situasi pandemi dalam enam bulan ke depan.

“Pandemi COVID-19 belum berakhir. Pemerintah berusaha tidak tergesa-gesa dan masih melakukan pemantauan kasus COVID-19 setidaknya 6 bulan ke depan. Masyarakat dimohon konsisten mematuhi kebijakan yang berlaku,” kata Wiku.

Baca: Lucu! Bocil Tak Mau Mudik, Alasannya di Kampung Tak Ada Sinyal

Dia meminta masyarakat untuk segera divaksinasi lengkap maupun booster. Jika belum dan hendak bepergian, maka lakukan testing, menaati protokol kesehatan atau menunda kepergian jika tidak mendesak, termasuk bagi yang merasa kondisi tubuh kurang fit.

“Serta agar tetap aman di perjalanan, patuhi setiap tahapan pemeriksaan oleh petugas di lapangan, dan mematuhi aturan yang berlaku seperti penerapan modifikasi arus lalu lintas baik saat pergi mudik maupun arus balik,” ucap Wiku.

Diketahui, dalam Addendum SE Satgas No. 16 tentang ketentuan bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) disebutkan bahwa setiap orang yang akan mudik harus sudah divaksin tiga dosis atau booster.

Sementara bagi orang yang baru divaksin dua dosis maka tetap harus dites antigen maksimal 1×24 jam atau PCR 3×24 jam dan bagi orang yang baru divaksin satu dosis harus tes PCR maksimal 3×24 jam.

Laman: 1 2

Berita Terkait