Hepatitis Akut Misterius Merebak, Dinkes Sidimpuan Diminta Waspada dan Bentuk Tim

Jumat, 13 Mei 2022 13:54
ist
Hepatitis Akut Misterius Merebak, Dinkes Sidimpuan Diminta Waspada dan Bentuk Tim

digtara.com – Hepatitis Akut Misterius saat ini menjadi sorotan publik di Indonesia, sebab dan cara penularannya yang belum diketahui menjadi momok tersendiri bagi orang tua, Jumat (13/5/2022). Hepatitis Akut Misterius Merebak

Tokoh Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang juga merupakan seorang dokter, dr Salman Paris Harahap, SpPD-KHOM, meminta pihak Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Kesehatan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kasus dugaan Hepatitis akut pada anak di Sumatera Utara (Sumut) termasuk di Kota Padangsidimpuan.

“Sebab, di Dinas Kesehatan itu ada anggaran terkait survailans dan ini kita minta untuk dimaksimalkan guna mencegah kasus tersebut,” kata dr Salman.

Baca: RS Adam Malik Sediakan 15 Ruangan dan 28 Dokter Sekaligus Perawat Anak yang Terdampak Hepatitis

Pihaknya, juga mendorong Dinas Kesehatan agar jangan sampai timbul korban, mengingat dugaan kasus penyakit tersebut sudah menelan korban seorang anak di Medan, Selasa (10/5/2022) lalu.

Dengan sumber daya yang ada, menurut dr Salman, Dinas Kesehatan mestinya bergerak cepat agar jangan sampai jatuh korban serta membentuk tim khusus.

“Sebagaimana yang sama kita ketahui, kasus ini diumumkan pertama kali oleh WHO, pada Jumat (15/4/2022) lalu dan sudah lebih 200 kasus yang dilaporkan di 20 negara. Di Indonesia sendiri, dilaporkan dugaan kasus sejak Mei 2022,” imbuhnya.

Kepada masyarakat, dr Salman meminta agar mewaspadai gejala umum seperti, penurunan kesadaran pada anak yang disertai demam tinggi, nyeri-nyeri sendi atau pegal-pegal, mual, muntah maupum nyeri perut, lesu, hilang nafsu makan, serta diare.

Laman: 1 2

Berita Terkait