Harimau Sumatera Masuk ke Perkebunan, Tim Gabungan BBKSDA Sumut Pasang Kandang Jebakan

Jumat, 12 Agustus 2022 15:59
ist
Harimau Sumatera Masuk ke Perkebunan, Tim Gabungan BBKSDA Sumut Pasang Kandang Jebakan

digtara.com – Tim gabungan yang terdiri dari BBKSDA, BBTNGL, WCS dan karyawan kebun pasang kandang jebakan di kawasan jalur lintasan hewan buas.

Pemasangan ini dilakukan pasca masuknya Harimau Sumatera ke lahan perkebunan Situngkir, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat.

“Saat ini kita sudah pasang kandang jebakan untuk Harimau Sumatera. Pemasangan kandang jebak yang hari ini dilakukan, dibawa oleh tim dari SKW II Stabat dari kantor Bidang Wil II Siantar,” kata Kepala Seksi Wilayah II BBKSDA Sumut, Herbert Aritonang saat dikonfirmasi digtara.com, Jumat (12/8/2022).

Baca: Harimau Sumatera Kembali Masuk ke Perkebunan, Puluhan Pekerja Panik

Upaya relokasi dilakukan dengan pemasangan kandang jebak ini, lanjut Helbert, dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak ada jatuh korban dalam peristiwa ini.

Untuk memancing Harimau Sumatera agar masuk ke kandang jebakan, lanjut Helbert, disiapkan umpan berupa kambing hidup dan camtrap (kamera pengintai) di sekitar lokasi untuk memantau aktifitas Harimau Sumatera.

“Kita berharap dengan umpan kambing hidup ini, Harimau Sumatera dapat masuk kejebakan kita,” pungkasnya.

Lokasi Kebun Situngkir berada di desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat ini, terang Helbert, berbatasan langsung dengan HPT dan berjarak 1 KM dari hutan TNGL.

“Selain satwa liat Harimau Sumatera, di sekitar tempat kejadian sering juga terlihat satwa liar Gajah dan Orang Utan Sumatera,” cetusnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait