Hanya Jokowi Yang Bisa Memberhentikan Irjen Ferdy Sambo dari Anggota Polri

Jumat, 26 Agustus 2022 14:58
int
Hanya Jokowi Yang Bisa Memberhentikan Irjen Ferdy Sambo dari Anggota Polri

digtara.com – Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo telah menerima sanski anksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari Mabes Polri. Namun, hanya presiden Jokowi yang bisa memberhentikan secara sah Ferdy Sambo dari anggota kepolisian.

Keputusan tersebut tertuang dalam putusan Komite Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar kemarin, Kamis (25/8/2022).

Namun demikian, pemberhentian Ferdy Sambo sebagai anggota Korps Bhayangkara secara resmi akan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Baca: Buat Konten TikTok Terkait Ferdy Sambo, Warga Pekanbari Ditangkap Polisi

“Betul (diberhentikan oleh Jokowi, red) karena yang bersangkutan Pati (Perwira Tinggi Polri),” ujar Kadiv Humas Mabes, Polri Irjen pol Dedi Prasetyo dikonfirmasi awak media, Jumat (26/8/2022).

Menurut Irjen Dedi, pemberhentian Ferdy Sambo oleh Presiden Jokowi didasarkan oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 tahun 2002 pasal 29 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dalam aturan tersebut disebutkan dalam pemberhentian seorang Pati yang diangkat berdasarkan Keppres harus juga diberhentikan oleh Presiden.

“Bagi Pati yang di PTDH (Pemberhentian Tidak Dengan Hormat, red) sesuai Keppres, Presiden yang mengangkat dan memberhentikan Pati tersebut,” tegasnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait