GPMB Sumut : Minat Baca Sumut Di Bawah Aceh dan NTT

minat baca sumut
Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut, Nawal Edy Rahmayadi (foto:istimewa)

digtara.com – Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut, Nawal Edy Rahmayadi mengatakan minat baca masyarakat menurun. Hal ini ditandai dengan peringkat baca Sumut yang berada di bawah Aceh dan NTT, padahal sebelumnya di atas.

“Kini, tingkat baca kita menurun. Sampai saat ini Sumut berada di peringkat 18 dari provinsi lainnya. Inilah tugas kita untuk meningkatkan peringkat,” jelasnya saat membuka sekaligus memimpin rapat kerja pengurus daerah GPMB Sumut yang berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Arsip, Jalan Brigjend Katamso Nomor 45 Medan, Selasa (12/1/2021).

Dijelaskannya, banyak hal yang mengakibatkan minat baca warga menurun. Salah satunya akibat pandemi Covid-19 yang menghasilkan pembatasan aktivitas sosial. Walhasil kunjungan ke perpustakaan atau tempat buku lainnya jadi minim.

Muat Lebih

“Kita jangan terus larut dengan situasi ini. Kita harus terus bergerak dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan program kerja kita nantinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Harlen Purba mengatakan, variabel kegemaran membaca dapat diukur melalui durasi membaca buku dan jumlah bacaan per hari.

“Durasinya minimal 45 menit membaca buku dan dua buku perhari. Inilah upaya kita untuk meningkatkan minat baca khususnya pada anak sekolah dan masyarakat sesuai kemampuan waktu yang mereka miliki,” katanya.

“Untuk meningkatkan minat baca perlu juga melibatkan swasta. Karena upaya ini bukan hanya urusan pemerintah tetapi bersama,” tutupnya.

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

 

GPMB Sumut : Minat Baca Sumut Di Bawah Aceh dan NTT

Pos terkait

Tinggalkan Balasan