Generasi Muda di NTT Sampaikan Pesan Damai Melalui Musik

Rabu, 27 Juli 2022 15:57
ist
Generasi Muda di NTT Sampaikan Pesan Damai Melalui Musik

digtara.com – Selasa (26/7/2022) malam, suasana cafe Petir di Jalan WJ Lalamentik, Kelurahan Oebobo Kota Kupang, NTT berbeda dari hari biasa.

Sejak petang, cafe ini disesaki anak muda yang ingin mengikuti kegiatan Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang) yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) NTT.

Tercatat ada 12 peserta lomba yang merupakan siswa/siswi SMP, SMA dan mahasiswa ambil bagian dalam lomba yang mengusung tema “Damai Kita Harmoni Indonesia”.

Masing-masing peserta menyanyikan lagu wajib Salam Indonesia Harmoni ciptaan kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Baca: Anak-anak Sekolah Khilafatul Muslimin Akan Diberikan Konseling oleh BNPT

Ada satu kelompok trio dan yang lainnya tampil secara solo. Para peserta dinilai oleh tiga juri Nanang Hape (musisi/budayawan), Max J Bolla dan Imanuel L.

Para peserta pun tampil membawakan lagu lomba dengan berbagai ekspresi dan improvisasi.

Viona Monica Mau, salah satu peserta termuda yang merupakan siswi SMP mengaku bangga dan bahagia bisa menyanyikan lagu ini.

Walau belum menjadi peserta terbaik, ia mengaku kalau BNPT peduli pada generasi muda melalui musik.

“Saya bangga dengan kegiatan ini karena BNPT dan FKPT melibatkan generasi muda menjadi paham akan toleransi dan kedamaian,” tandasnya.

Ia juga menilai kalau syair lagu yang dilombakan sarat dengan makna kedamaian dan toleransi..

“Ada kesan yang saya tangkap bahwa dari lagu Salam Indonesia harmoni kita diajak saling menghargai dalam keberagaman sehingga Indonesia bisa kuat,” tandasnya.

Peserta lain, Gonza Sa’u yang menjadi salah satu dari tiga peserta terbaik juga menyampaikan hal yang sama kalau ada pesan damai dari lagu yang dilombakan.

“Walau persiapan minim dan lagu ini belum familiar, ternyata lagu ini asyik dan gampang dipahami karena ada kita diajarkan untuk hidup damai dan menjauhi perbedaan,” tandasnya.

Selain itu, Gonza menyebutkan kalau ada pesan penting dari lagu yang dilombakan bahwa generasi muda di NTT harus hidup damai dan menghargai keberagaman.

Gonza berharap kegiatan pelibatan anak muda terus dilakukan dan kegiatan Asik Bang diakui tepat sasaran karena selain ada lomba juga diisi dengan berbagai informasi dan pesan damai yang disampaikan BNPT dan FKPT.

Laman: 1 2

Berita Terkait