Gempa Tektonik 4 SR Guncang Sumba Timur

Kamis, 09 September 2021 15:07
int
Ilustrasi

digtara.com – Gempa bumi tektonik kembali guncang Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (9/9/2021) .

Gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter ini terletak pada koordinat 9,73° Lintang Selatan, dan 120,72° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 51 Kilometer Tenggara Waingapu, NTT, pada kedalaman 59 Kilometer.

Observer Stasiun Geofisika Waingapu, Mario C. Koten mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia dibawah lempeng Eurasia.

Baca: Sulut Diguncang Gempa Magnitudo 6,1, BMG Ingatkan Potensi Gempa Susulan

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Waingapu II – III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Menurut Mario, hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa tidak berpotensi Tsunami.

Baca: Presidennya Baru Dibunuh, Haiti Dihantam Gempa 7,2 SR, 304 Orang Tewas

“Hingga hari Kamis, 09 September 2021 pukul 15:08 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” jelasnya.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Laman: 1 2

Berita Terkait