Foto Penerima Beras Bantuan Tersebar di Media Sosial, Pemko Medan Dinilai Eksploitasi Warga Miskin

  • Whatsapp
Kolase Foto Warga Penerima Bantuan Beras Pemeritah Kota Medan. Dalam foto itu, warga diminta memegang secarik kertas bertuliskan 'Saya Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan'. Tulisan itu dianggap mengeksploitasi warga miskin penerima bantuan.

digtara.com – Kolase foto para warga miskin penerima bantuan beras dari Pemerintah Kota Medan, beredar di media sosial. Dalam kolase foto itu, warga miskin penerima bantuan diminta berfoto dengan secarik kertas bertuliskan ‘Saya Orang Tidak Mampu Penerima Bantuan’.

Belum jelas siapa yang mengumpulkan foto-foto yang diunggah dengan logo Pemerintah Kota Medan itu. Namun beredarnya foto-foto itu membuat Pemerintah Kota Medan dihujani kritik.

Seperti yang disampaikan Ketua Persatuan Pemuda Mahasiswa Sumatera Utara, Fajar Dalimunthe. Mantan Presiden Mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara itu mengatakan, diunggahnya foto-foto itu sebagai bentuk eksploitasi warga miskin oleh Pemerintah Kota.

 

BENTUK EKSPLOITASI

Pemerintah Kota tak sepatutnya mengunggah foto-foto tersebut ke media sosial. Karena memenuhi kebutuhan warga miskin, khususnya di tengah Pandemi Virus Korona (Covid-19) saat ini, adalah kewajiban yang diamanatkan oleh undang-undang.

“Kita sangat menyesalkan beredarnya foto-foto itu. Menurut saya ini bentuk eksploitasi. Sangat tidak patut. Kalau memang mau membantu harusnya tidak perlu ada pesan di secarik kertas itu,”sebut Fajar, Selasa (7/4/2020).

 

 

“Kalau benar itu foto dari Pemerintah Kota, seolah pemerintah kota menganggap itu layak dieskploitasi karena menjadi prestasi, harusnya pemerintah malu. Karena memenuhi kebutuhan dasar warganya, khususnya saat Pandemi Covid-19 seperti saat ini adalah kewajiban pemerintah yang diamanat undang-undang,”tambah Fajar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar