Erupsi Sinabung Rusak Lahan Pertanian, Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar

  • Whatsapp
Erupsi Sinabung Rusak Lahan Pertanian, Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar
Lahan pertanian warga yang terdampak erupsi Sinabung (istimewa)

digtara.com – Gunung Sinabung mengalami erupsi selama dua hari ini. Akibatnya, ribuan hektar lahan pertanian di sekitar Gunung yang terletak di Kabupaten Karo ini rusak parah. Total kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah

Kadis Pertanian Kabupaten Karo, Mahtesa Sitepu, mengatakan, ada 4 kecamatan yang lahan pertaniannya rusak parah akibat debu vulkanik. Keempatnya yakni Kecamatan Payung, Tiganderket, Tigabinanga dan Kutabuluh.

“Total (lahan pertanian) yang terdampak itu ada 3.045,8 hektar, dengan kerugian 2.9178.171.825 atau Rp 29 miliar lebih,” kata Mahtesa kepada wartawan, Rabu (3/3/2021)

Muat Lebih

Mahtesa menjelasan ada puluhan komoditi pertanian yang diprediksi gagal panen. Namun yang paling terdampak adalah tanaman cabai, jagung, jeruk, salak dan kopi.

Kebanyakan, tanaman itu rusak karena tertutup abu vulkanik yang tebal.

Baca: Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Menyebar ke Aceh

“Masalahnya kemarin (terdampak) debu yang tebal, jadi datang gerimis, jadi semakin berat dan tak kuat menopang debu, hingga tanaman rusak,” ujar Mahtesa.

Lebih lanjut, akibat debu vulkanik tanaman tidak akan bisa dipanen secara maksimal. Karena itu sejauh ini pihaknya hanya bisa menggunakan blower untuk menyingkirkan debu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan