Dukung Tugas Kepolisian di Perairan, Polda NTT Dapat Bantuan Kapal

Kamis, 14 Oktober 2021 15:20

digtara.com – Polda NTT mendapatkan bantuan satu unit kapal KP XII 2006 dari PT Gandasari. Kapal KP XII 2006 ini dari PT Gandasari diberikan kepada Polda NTT guna membantu tugas Kepolisian perairan khususnya pada daerah wisata super premium Labuan Bajo.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH M.Hum meresmikan kapal Polair KP XII 2006 di Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (13/10/2021).

“Terima kasih kepada Pimpinan PT Gandasari yang telah memberikan bantuan kapal bagi kelancaran tugas Kepolisian di wilayah perairan Labuan Bajo. Dengan kondisi geografis perairan NTT yang sangat luas ini, semoga kapal ini dapat bermanfaat bagi tugas dalam melakukan patroli perairan di daerah wisata super premium,” ujar Kapolda NTT.

Kapal tersebut berbahan utama aluminium alloy dengan panjang 13,4 meter, lebar 4.0 meter, draft 0.65, bertenaga penggerak 2 mesin diesel (2×380 HP) serta kecepatan maximal 27 knots.

Kapal akan dioperasikan dalam melakukan pengamanan wilayah perairan NTT dari berbagai aktivitas perbuatan melanggar hukum, seperti bom ikan dengan alat tangkap tak ramah lingkungan.

Kapolda NTT berharap kerjasama yang terjalin antara Polda NTT dengan PT Gandasari bisa terus terjaga, berjalan baik dan lancar.

“Dengan adanya penambahan Kapal KP XII 2006 dapat menunjang kelancaran operasional maupun untuk pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.

Selanjutnya, secara simbolis Kapolda NTT melakukan peresmian kapal tersebut yang dengan pemotongan pita dan memecahkan kendi sebagai tanda dimulainya pengoperasian kapal tersebut.

Berita Terkait