Dugaan Korupsi Uang Tukin PNS Kemenag Kabupaten TTS, Polisi Periksa Saksi Kementerian Agama RI

Kamis, 04 Agustus 2022 16:14
ist
Dugaan Korupsi Uang Tukin PNS Kemenag Kabupaten TTS, Polisi Periksa Saksi Kementerian Agama RI

digtara.com – Penyidik unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Timor Tengah Selatan (TTS) menyelidiki dugaan kasus tindak pidana korupsi terhadap pembayaran uang tunjangan Kinerja (Tukin) PNS Kementerian Agama RI, kantor Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Menindak lanjuti penyelidikan kasus ini, penyidik unit Tipidkor Sat Reskrim Polres TTS, Polda NTT dipimpin Kasat Reskrim Iptu Helmi Wildan, SH terbang ke Jakarta.

Penyidik melakukan pemeriksaan di kantor Kementerian Agama di Jakarta.

Di Kantor Kementerian Agama RI, penyidik memeriksa Rowles Hasugian selaku perencana Ahli Madya pada direktorat Bimas Kristen Kementerian Agama RI.

Baca: Tragis, Kakanwil Kemenag Kaltim, Istri, Anak, Menantu dan Cucu Meninggal dalam Kecelakaan

Dalam keterangannya kepada penyidik yang memeriksanya, Rowles Hasugian mengakui kalau saat ini pihaknya telah bersurat kepada Deputi PIP Bidang Polhukam BPKP RI.

“Surat dilayangkan pihak kementerian agama RI ke BPKP RI untuk melakukan reviu terhadap tunggakan selisih Tukin guru Bimas Kristen yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten TTS,” ujar Kapolres TTS, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, SIK melalui Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Helmi Wildan, SH, Kamis (4/8/2022).

Secara keseluruhan total tunggakan Tukin guru Bimas Kristen di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kabupaten TTS sebesar Rp 175.091.627.000.

Kementerian Agama RI berharap setelah dilakukan reviu oleh pihak BPKP RI, pihaknya bisa membayarkan ke para guru setelah kemudian berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan RI dalam penyediaan anggarannya.

Rowles Hasugian kepada penyidik Satreskrim Polres TTS juga menjelaskan bahwa sejauh ini belum dibayarkannya selisih Tukin guru Bimas Kristen tersebut lebih kepada belum tersedianya anggaran dan bukan karena hal lainnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait