Dua Pekan Layani Daerah Bencana, 40 Ton Bantuan Didistribusikan ke Tiga Kabupaten di NTT

Dua Pekan Layani Daerah Bencana, 40 Ton Bantuan Didistribusikan ke Tiga Kabupaten di NTT
Dua Pekan Layani Daerah Bencana, 40 Ton Bantuan Didistribusikan ke Tiga Kabupaten di NTT (digtara.com/imanuel lodja)

digtara.com – Bencana alam berupa banjir bandang dan tanah longsor membawa banyak dampak di beberapa daerah di NTT. Layani Daerah Bencana

Terputusnya akses jalan, jembatan, listrik dan sarana komunikasi lainnya juga menyulitkan pencarian korban dan pendistribusian bantuan maupun obat-obatan bagi masyarakat di wilayah-wilayah berdampak bencana alam.

Direktorat Polair Korpolair Baharkam Polri kemudian menurunkan kapal KP Bharata-8004 guna melayani daerah bencana di Provinsi NTT.

Muat Lebih

Sejak 6 April 2021 lalu, kapal keluaran tahun 2020 yang memiliki lebar 8,2 meter dan panjang 63 meter yang semula berlabuh di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat digeser dan berlabuh di pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Kapal yang diawaki komandan kapal, Kompol Ronaldo Manurung, SST ini melayani distribusi bantuan logistik, mengangkut personil Polri dan satwa serta sarana dan mobil ke Kabupaten Flores Timur, Lembata dan Alor yang dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Baca: Kabur dari Kapal Patroli di NTT, 5 Nelayan Pakai Bom Ikan Diamankan

Kapal berlayar secara bergantian dari Larantuka ke Pulau Adonara kemudian ke Kabupaten Lembata dan juga ke Kabupaten ALor membawa bantuan logistik bagi korban bencana alam di tiga lokasi ini.

Kapal juga membawa serta sejumlah satwa anjing di Kabupaten Lembata dan Pulau Adonara serta Kabupaten Alor untuk membantu pencarian korban yang belum ditemukan.

Personil Polri terutama anggota Brimob baik dari Polda Bali, Mabes Polri, Polda Jawa Timur an Polda NTT juga menggunakan jasa kapal ini untuk menyeberangi pulau dan kabupaten yang dilanda bencana alam.

Baca: Polda NTT Amankan Dua Nelayan Tangkap Ikan dengan Bahan Peledak

“Hingga saat ini kami telah mendistribusikan 40 ton bantuan baik sembako dan bantuan lainnya baik dari Polri dan lembaga lainnya bagi warga masyarakat di tiga kabupaten yang dilanda bencana alam,” tandas Komandan Kapal KP Bharata-8004 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Kompol Ronaldo Manurung, SST, Selasa (20/4/2021).

Bawa Logistik 7 Ton Beras

Kegiatan KM Baharkam Polri ini dimulai sejak tanggal 6 April dengan rute pelayaran dari Labuan Bajo menuju Adonara dengan membawa logistik bantuan awal sekitar 7 ton beras serta bantuan lainnya sekitar 9 ton.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan