Diduga Air Sungai Tercemar Limbah, Warga Tiga Desa di Asahan Alami Gatal-gatal

Kamis, 13 Januari 2022 23:04
suara.com
Diduga Air Sungai Tercemar Limbah, Warga Tiga Desa di Asahan Alami Gatal-gatal

digtara.com – Puluhan orang warga tiga desa di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), mengalami gatal-gatal. Kondisi itu sudah berlangsung selama tiga bulan belakangan. Air Sungai Tercemar Limbah

Aliran sungai pematang yang diduga tercemar melintasi tiga desa, yaitu Pematang Sei Baru, Silo Baru, dan Lubuk Palas.

Salah seorang warga Amin mengaku, saat ini pihaknya memasang plang imbauan di sekitar sungai. Hal itu dilakukan agar tidak ada lagi yang terserang gatal-gatal.

Baca: 8 Tahun DPO, Tersangka Korupsi Rp 600 Juta Peningkatan Jalan di Asahan Diamankan

“Banyak warga yang mengeluh gatal-gatal. Kami pikir penyakit gatal biasa,” katanya, Kamis (13/1/2022).

Ia menjelaskan, tidak ada perubahan warna air sungai. Begitu juga dengan aromanya yang masih seperti biasa. Namun, setiap orang yang mandi atau terkena air langsung merasakan gatal-gatal.

Baca: 52 Pekerja Migran Ilegal Diamankan Patroli Laut Gabungan TNI AL Lanal TBA dan Polres Asahan

“Setiap orang yang mandi di sini pasti langsung gatal-gatal. Makanya dipasang plang supaya jangan digunakan ini sungainya,” ujarnya.

Petugas Puskesmas Pembantu Desa Suriana membenarkan banyak masyarakat yang mengalami gatal-gatal. Banyak warga yang datang mengeluhkan gatal-gatal.

“Seminggu terakhir memang banyak warga datang mengeluhkan penyakit alergi pada kulit. Penyakit ini memang menular. Jadi kalau sudah ada anggota keluarga yang terkena bisa kena ke yang lain,” katanya.

Laman: 1 2

Berita Terkait