Diblokir Sejak Februari 2022, Akses Masuk dan Keluar Bendungan Manikin kembali Dibuka

Senin, 20 Juni 2022 11:33
Diblokir Sejak Februari 2022, Akses Masuk dan Keluar Bendungan Manikin kembali Dibuka

digtara.com – Portal akses masuk dan keluar Bendungan Tefmo – Manikin Kabupaten Kupang, NTT kembali dibuka akhir pekan lalu.

Pembukaan kembali portal ini dilakukan warga pasca mereka menutup akses ke lokasi tersebut sejak 5 Februari 2022 karena persoalan ganti untung lahan warga yang berdampak.

Proses panjang mewarnai pembukaan portal ini.

Kapolres Kupang, AKBP FX Irwan Arianto, SIK MH, bupati Kupang, kepala kejaksaan negeri Kupang, aparat TNI sampai turun tangan memfasilitasi melakukan pendekatan dengan warga masyarat di dua desa yang masih keberatan soal ganti untung lahan.

Baca: Reka Ulang Kasus Pembunuhan di Kupang, Lima Tersangka Aniaya Korban dengan Tangan dan Batu hingga Tewas

Aparat kepolisian bersama pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) wilayah Nusa Tenggara II Kementerian PUPR pun ke titik pemblokiran akses bendungan untuk pembukaan portal masuk dan keluar Bendungan Tefmo – Manikin di Sanenu Desa Bokong, Manuat Desa Baumata Timur dan Desa Oelnasi, Kabupaten Kupang.

Pihak BWS dibantu polisi dan warga melakukan pembersihan dan persiapan akses jalan menjelang upacara ritual adat/seremonial adat bersama warga masyarakat terdampak untuk kelanjutan pekerjaan proyek pembangunan bendungan Tefmo – Manikin.

Portal di Sanenu Desa Bokong yang sempat ditutup sejak awal Februari akhirnya dibuka tokoh masyarakat dan warga berdampak.

Juga dilakukan pembersihan jalan bersama warga Desa Oelnasi di sekitar RT 06, Dusun 2 Oelbubuk, Desa Oelnasi Kabupaten Kupang.

Kemudian dilakukan pembukaan portal di Manuat, Desa Baumata Timur bersama perwakilan tokoh masyarakat dan warga terdampak Desa Baumata Timur.

Waka Polsek Kupang Tengah Ipda Rahmat Nampira SE bersama pelaksana teknik BWS II Nusa Tenggara Kemen PUPR Deo De Fatima bersama tim hadir bersama warga di lokasi tersebut.

Laman: 1 2 3

Berita Terkait