Daftar Syarat Penerima Bansos, Begini Cara Mendapatkannya

Jumat, 22 Oktober 2021 17:19
int
Daftar Syarat Penerima Bansos, Begini Cara Mendapatkannya

digtara.com – Pemerintah melalui Kementerian Sosial, mengupayakan membantu keluarga yang terdampak Covid-19 dengan berbagai bansos. Yuk simak syarat dan cara mendapatkan bansos berikut ini.

Pemerintah berencana menurunkan Bantuan Sosial Tunai sebesar Rp 600.000,00 per kepala keluarga per bulan selama tiga bulan. Dengan demikian, total subsidi yang akan digelontorkan ialah Rp 1.800.000.

Tujuan pemberian bansos ini adalah untuk menjaga daya beli masyarakat di masa pandemi virus korona.

Bantuan akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Target bantuan ini ialah masyarakat yang memenuhi syarat dan cara dapat bantuan sosial tunai Kemensos ialah sebagai berikut:

  • Masuk data RT/RW di Desa
  • Kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi korona
  • Tidak terdaftar sebagai penerima bansos lain seperti BLT dari Dana Desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  • Harus sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), serta berdomisili di desa sesuai alamat yang tertulis di KTP. Apabila belum, akan diminta untuk membuat KTP lebih dulu.
  • Apabila calon penerima belum terdaftar oleh RT/RW maka bisa langsung memberitahu aparat desa.

Oleh karena itu, cara dapat bantuan sosial tunai Kemensos sebenarnya sangat mudah. Agar lebih jelas, lihat rincian tata cara dapat bantuan sosial tunai di bawah ini:

Laman: 1 2

Berita Terkait