Bupati Langkat Keluarkan Surat Edaran, 350-an Pemandu Wisata Terancam Menganggur

Kamis, 10 Juni 2021 18:24
digtara.com/hendra mulya
Bupati Langkat Keluarkan Surat Edaran, 350-an Pemandu Wisata Terancam Menganggur

digtara.com – Sejak dikeluarkannya surat edaran (SE) Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin berdampak besar bagi pelaku wisata. Dampak ini sangat dirasakan bagi pemandu wisata yang ada di Kabupaten Langkat. Bupati Langkat Keluarkan Surat Edaran

SE dengan nomor 430-1024/ DisParBud-LKT/2021 tersebut tentang larangan pengoperasian sementara tempat wisata dan hiburan.

SE ini berdampak pada sedikitnya 350-an lebih pelaku pemandu wisata yang ada di Kabupaten Langkat. Mereka pun terancam menganggur dan kehilangan mata pencariannya.

Baca: Menparekraf Kunjungi Desa Wisata di Deli Serdang, Berikut Agendanya

Hal ini diungkapkan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Langkat, Bahagia Ginting.

Bahagia mengatakan, pasca adanya surat edaran ini, sejumlah lokasi wisata yang ada di Kabupaten Langkat sepi pengunjung.

Baca: 5 Capaian Pembangunan Disampaikan Bupati Langkat kepada KPK RI

“Sejak diberlakukan surat edaran ini, tempat wisata sangat sepi. Bahkan wisatawan dari mancanegara nyaris tidak ada yang berkunjung di lokasi wisata yang ada di Langkat, terutama di Bukit Lawang,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Akibatnya, lanjut Bahagia, hal ini berdampak kepada mata pencarian pelaku usaha tempat wisata. Bahkan, pemandu wisata juga tidak lagi memiliki pekerjaan.

Laman: 1 2

Berita Terkait