Bawa 30 Ton Pinang Tujuan Malaysia, Kapal Tenggelam Setelah Dihantam Badai

Minggu, 10 Oktober 2021 19:22
int
Ilustrasi kapal tenggelam.

digtara.com – Kapal dari Kabupaten Meranti menuju Malaysia dengan bermuatan biji pinang kering berlayar tenggelam, Sabtu (9/10/2021). Kapal tersebut bawa 30 ton pinang hendak menuju ke Malaysia.

Melansir suara.com –jaringan digtara.com, insiden tenggelam kapal dengan Gross Tonnage (GT) No 1436/PPe itu disebabkan karena badai serta gelombang tinggi ketika sedang berlayar dari Selatpanjang menuju Batu Pahat, Malaysia.

Beruntung dari peristiwa ini, tidak ada korban jiwa. Empat nakhoda kapal, baik kepala kamar mesin maupun anak buah kapal (ABK) selamat saat berada di Malaysia.

Baca: Sebulan Hanyut di Laut, Kapal Australia Diamankan di Perairan Sabu Raijua

Agen KM Rupat Jaya I, Rian mengungkapkan, kapal beserta barang ekspor sebanyak 600 karung biji pinang seberat 30 ton dan dokumen penting tidak bisa diselamatkan.

“Kami masih menunggu kepulangan empat orang crew (ABK) kapal yang saat ini masih berada di Malaysia. Mereka sedang dalam proses pengurusan oleh pihak agen (petugas keimigrasian) Malaysia untuk pulang ke Indonesia,” katanya, Sabtu (9/10/2021).

Baca: Pompong Terbalik usai Ditabrak Kapal Kargo, Dua Nelayan Kakak Beradik Hilang

Berdasarkan informasi sementara yang didapatnya dari Malaysia, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (7/10) sekira pukul 18.30 WIB.

Kala itu cuaca tiba-tiba buruk di saat KM Rupat Jaya I memasuki di sekitar batas penjaring Indonesia menuju batas internasional. Disusul angin kencang dan gelombang tinggi, sehingga nahkoda tidak bisa mengendalikan kapal.

Laman: 1 2

Berita Terkait