Banjir Landa Aceh Timur, 300 Rumah Terendam, Warga Enggan Mengungsi

Jumat, 19 November 2021 20:31
suara.com
Sejumlah anak bermain di genangan banjir di Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, Jumat (19/11/2021).

digtara.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Aceh Timur menyatakan ratusan rumah di tiga gampong/desa terendam banjir akibat hujan deras yang melanda daerah itu. Banjir Landa Aceh Timur

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Timur Ashadi mengatakan ada 300 rumah yang terdata terendam banjir di tiga desa yang tersebar di Kecamatan Indra Makmur.

“Namun, hingga saat ini belum ada laporan gelombang pengungsian. Warga dilaporkan masih bertahan di rumah masing-masing. Ketinggian air berkisar 20 hingga 50 sentimeter,” kata Ashadi, melansir suara.com –jaringan digtara.com, Jumat (19/11/2021).

Ashadi mengatakan berdasarkan data sementara, banjir terjadi di Desa Julok Rayeuk Selatan dengan warga terdampak mencapai 260 jiwa atau 52 kepala keluarga.

Baca: Gara-gara Bersihkan Sisa Banjir, Bocah SD Jadi Korban Penganiayaan

Selanjutnya, Desa Alue Le Mirah dengan warga terdampak 265 jiwa atau 65 kepala keluarga, dan Desa Jambo Lubok dengan warga terdampak 915 jiwa atau 183 kepala keluarga.

Ashadi mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan banjir di Kecamatan Indra Makmur dan beberapa titik lain yang berpotensi terjadi banjir.

Baca: Warga Ile Ape Lembata Diminta Waspadai Hujan dan Banjir Lahar Dingin

“Kami siaga di posko bencana. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial terkait penyaluran bantuan jika sewaktu-waktu terjadi gelombang pengungsi,” ujar Ashadi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur Mahyuddin mengimbau masyarakat mewaspadai potensi banjir setelah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan Kabupaten Aceh Timur memasuki musim hujan.

Laman: 1 2

Berita Terkait