Abu Vulkanik Sinabung Selimuti Pemukiman Warga Hingga Ketebalan 4 Cm

  • Whatsapp
Abu Vulkanik Sinabung Selimuti Pemukiman Warga Hingga Ketebalan 4 Cm
Ilustrasi: Abu vulkanik yang menyelimuti permukiman warga di sekitar kaki gunung sinabung. (Internet)

digtara.com – Sejumlah kawasan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara diguyur hujan abu vulkanik pasca erupsi gunung Api Sinabung pada pagi tadi. Bahkan di sejumlah daerah, ketebalan debu mencapai 4 sentimeter (cm).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin, Senin (10/8/2020).

“Di Kecamatan Merdeka, ketebalan abu vulkanik yang menyelimuti permukiman warga mencapai 4 cm,” kata Natanail.

Muat Lebih

Natanail mengungkap, setidaknya ada 4 kecamatan yang terdampak paling parah akibat erupsi hari ini. Yakni Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Merdeka dan Kecamatan Berastagi.

“Kita harus mengerahkan mobil kebakaran ke sejumlah lokasi untuk melakukan pembersihan di sejumlah kawasan tersebut. Ada 7 armada kita turunkan untuk pembersihan. Utamanya akses jalan dan fasilitas umum. Nanti akan ada 2 lagi bantuan armada dari pemerintah provinsi,” tukasnya.

Untuk diketahui, hari ini, Senin, 10 Agustus 2020, Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo setidaknya mengalami dua kali erupsi. Erupsi pertama terjadi pada pukul 10:16 WIB dengan tinggi kolom letusan mencapai 5 ribu meter dari puncak gunung. Sementara erupsi kedua pukul 11:17 dengan tinggi kolom letusan mencapai 2 ribu meter dari puncak gunung.

Saat erupsi, gunung berketinggian 2.460 mpdl itu memuntahkan material vulkanik terdiri debu, pasir dan batuan. Sejumlah daerah di sekitar kaki gunung tertutup material dengan ketebalan cukup tinggi.

[AS]

 

 

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube Digtara TVJangan lupa, like comment and Subscribe.

Abu Vulkanik Sinabung Selimuti Pemukiman Warga Hingga Ketebalan 4 Cm

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar