86 Lokasi Pemantauan Hilal di Indonesia, Berikut Daftarnya

  • Whatsapp
pemantauan hilal
Lokasi pemantauan hilal di OIF UMSU (ist/digtara)

digtara.com – Ada 86 titik lokasi pemantauan hilal yang dipersiapkan Kemenag RI di seluruh Indonesia guna penentuan awal Ramadan 1442 Hijriah.

Hasil pantauan itu menjadi landasan Kementerian Agama (Kemenag) dalam menggelar Sidang Isbat atau penetapan awal bulan Ramadan 1442 Hijriah pada Senin (12/4) sore ini.

Direktur Urusan Agama Islam Kemenag, Agus Salim menyatakan pihaknya telah menurunkan sejumlah pemantau hilal di 86 lokasi yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Para pemantau hilal berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Muat Lebih

Nantinya, hasil pemantauan Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat. Hal itu bertujuan supaya pemerintah bisa mengambil keputusan penentuan kapan ibadah puasa dimulai.

Sidang isbat akan digelar dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) karena masih masa pandemi.

Sidang isbat nanti dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama, yakni pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini rencananya akan digelar pada pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung bagi publik.

Tahap kedua, yakni sidang isbat awal Ramadan yang akan digelar setelah salat magrib. Tahap ini akan digelar secara tertutup. Dan tahap terakhir yakni, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama. Tahap ini akan disiarkan TVRI, RRI, dan Medsos Kemenag.

Berikut adalah 86 lokasi pemantauan hilal di Indonesia:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan