7 Tahun Diburu Jokowi, Praktik Pungli Tak Juga Hilang di Bumi Pertiwi

Senin, 13 September 2021 12:20
foto: istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution menanyakan praktik Pungli seorang kepling terhadap warganya

digtara.com – Praktik pungutan liar alias pungli tampaknya sudah mengakar di tengah-tengah masyarakat. Tak heran, hingga kini praktik itu tak juga hilang dari bumi pertiwi.

Sejak periode awal Presiden Joko Widodo menjabat, tepatnya pada 2014 silam, Pungli sudah menjadi perhatian khusus. Namun hingga kini para preman hingga petugas yang digaji pemerintah pun masih melakukan Pungli.

Forum Warga Kota Jakarta alias Fakta mengungkap, paling baru, praktik pungli terjadi di Jakarta oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Eko Saputro yang menjadi korban pemerasan dalam praktik pungli. Dia merupakan sopir bus yang mengantar warga untuk vaksin. Dia mengaku diperas oleh petugas Dishub hingga Rp 500 ribu. Kalau tidak mau membayar busnya akan dikandangkan.

Alasan Dishub mengancam seperti itu karena ada dokumen bus yang kurang lengkap, dan Eko sebagai sopir tak bisa menjelaskan mengapa dokumen itu kurang lengkap.

“Dari pihak Dishub itu, dapat mandat dari komandannya kata dia. Dia minta Rp 500 ribu, supaya mobil nggak ditarik bayar aja segitu kata dia. Karena saya panik, daripada mobil ditarik, saya kasih lah saya Rp 500 ribu,” ungkap Eko dalam forum diskusi virtual, Senin (13/9/2021).

Di Medan, Sabtu (11/9/2021) kemarin, seorang Kepling ketauan melakukan Pungli pengurusan administrasi kependudukan. Kepling yang sudah digaji pemerintah masih juga meminta uang dari warganya sebesar Rp 150 ribu.

Kepling Kepling 6, Kelurahan Bantan tak bisa mengelak. Warga mengaku duit itu diberikan kepada Kepling sekitar 4 bulan lalu. Uang itu disebut diminta saat warga hendak mengurus administrasi kependudukan.

Nah bila diingat-ingat ke belakang, pada awal pemerintahan Jokowi, tepatnya di penghujung tahun 2016, Jokowi bersama Wapres Jusuf Kalla saat itu sampai membuat gebrakan baru. Dia meluncurkan paket reformasi hukum baru untuk memberantas pungli.

Laman: 1 2

Berita Terkait