21 Rumah Adat Hangus Terbakar

  • Whatsapp
21 Rumah Adat Hangus Terbakar
Kebakaran melanda 21 unit rumah adat di Kabupaten Sumba Barat, Minggu malam (istimewa)

digtara.com – Sebanyak 21 unit rumah adat di Kampung Deke, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) hangus terbakar, Senin 10 Agustus 2020 malam. 21 Rumah Adat Hangus Terbakar

Rata-rata rumah adat ini beratapkan alang-alang dan dinding terbuat dari kayu.

Kapolres Sumba Barat, AKBP FX Irwan Arianto, SIK MH yang dikonfirmasi menyebutkan kalau awalnya Agustinus R Waingu (36) dan Ama Kedu (56) yang juga menjadi korban kebakaran rumah serta beberapa warga Kampung Deke melihat ada api menyala di bagian atap rumah adat (Rumah Pamali/rumah keramat yang tidak dihuni) yang berada di tengah-tengah kampung tersebut.

Muat Lebih

Api kemudian merambat ke rumah milik korban Laku Nija Bange (78) yang berada lebih dekat dengan rumah rumah adat pamali tersebut.

Dari rumah korban Laku Nija Bange, api dengan cepat merambat ke semua rumah milik warga kampung Deke yang berjumlah 21 unit rumah.

Tak sempat selamatkan harta benda

Penghuni rumah tidak sempat menyelamatkan barang-barang karena berusaha menyelamatkan diri.

Baca: 10 Unit Mobil Pemadam Dikerahkan Untuk Padamkan Kebakaran Truk Tangki BBM di Marelan

Dalam sekejap seluruh bangunan rumah rata tanah dan seluruh isi rumah termasuk stok pangan hasil pertanian mereka ludes terbakar.

Kebakaran melanda 21 unit rumah adat di Kabupaten Sumba Barat, Minggu malam (istimewa)

“21 unit rumah yang terbakar tersebut beratapkan alang, berdinding bambu masing masing ukuran 6×6 meter. Jarak antara rumah rumah berdekatan kurang lebih 1 meter dan saling bersentuhan ujung atap alangnya,” tandas Kapolres, Selasa (11/8/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan