141 Wartawan di Sumut Ikuti Ujian Anggota PWI, Farianda: PWI Adalah Rumah Besar

Kamis, 28 Juli 2022 16:14
Seremoni pembukaan ujian menjadi anggota PWI di Le Polonia Hotel, Kamis (28/7/2022)

digtara.com – Sebanyak 141 wartawan di Sumatera Utara (Sumut) mengikuti ujian menjadi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Le Polonia Hotel & Covention, Jalan Sudirman Medan, Kamis (28/7/2022).

Ke-141 wartawan itu terdiri dari 92 orang mengikuti ujian anggota muda dan 49 orang ujian naik tingkat menjadi anggota biasa.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, dalam sambutannya mengaku bersyukur terlaksananya ujian penerimaan anggota muda dan kenaikan tingkat anggota PWI Sumut.

“Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Serikat Perusahaan Pers (SPS) dengan PWI dalam rangkaian Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Sumut,” katanya.

Awalnya, kata Farianda, penerimaan anggota muda PWI hanya 50 orang. “Karena banyaknya permintaan wartawan baik dari Kota Medan maupun daerah, akhirnya sebanyak 141 orang ikut ujian menjadi anggota muda dan kenaikan tingkat,” katanya.

PWI, sebut Farianda, adalah wadah bagi para wartawan di Sumatera Utara.

“PWI ini adalah rumah besar. Jadikan PWI tempat bersilaturahmi, agar kita mengetahui dan mengenal satu sama lainnya,” ujarnya.

Usai pembukaan, acara di lanjutkan dengan diskusi panel menghadirkan nara sumber Ketua DKP Sumut Muhammad Syahrir, Ketua SPS Sumut Farianda Putra Sinik dan Ketua JMSI Sumut Rianto Aghly.

Rianto Ahgly dalam paparannya menyampaikan UKW sangat di butuhkan. Sebab, UKW menjadikan wartawan handal dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik, terlebih di era digital saat ini.

“Terutama bagi wartawan media online, yang rentan akan berita hoax. Dengan UKW, wartawan akan mengetahui mana berita yang bisa di tayangkan, mana yang tidak. Jangan hanya memburu naiknya berita, tapi melanggar UU ITE,” ujar pria yang akrab disapa, Anto Genk, itu.

Laman: 1 2

Berita Terkait