13.200 Ampul Vaksin Covid-19 Tiba di Kupang, 6.600 Nakes Jadi Prioritas

  • Whatsapp
13.200 Ampul Vaksin Covid-19 Tiba di Kupang, 6.600 Nakes Jadi Prioritas
13.200 Ampul Vaksin Covid-19 Tiba di Kupang, 6.600 Nakes Jadi Prioritas (digtara.com/immanuel lodja)

13.200 Ampul Vaksin Covid-19 Tiba di Kupang, 6.600 Nakes Jadi Prioritas

digtara.com – Tujuh koli berisi 13.200 ampul vaksin covid-19 Sinovac tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (5/1/2021) pagi sekitar pukul 06.00 wita.

Vaksin ini didatangkan dengan pesawat batik air melalui kargo bandara El Tari Kupang.

Muat Lebih

Kedatangan vaksin ini dikawal ketat aparat keamanan TNI AU, Polri dari Polda NTT, Polres Kupang Kota dan Sat Brimob Polda NTT.

Nusa Tenggara Timur mendapat kesempatan pertama pengiriman vaksin buatan China tersebut.

Dari kargo bandara El Tari Kupang, tujuh koli vaksin ini langsung dibawa ke gudang farmasi di jalan Pulau Indah, Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur, Emma Simanjuntak kepada wartawan mengemukakan, vaksin ini diperuntukan bagi seluruh tenaga kesehatan (nakes) di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur. Pihaknya kini hanya menunggu instruksi untuk di distribusikan ke seluruh kabupaten kota.

“Kita sudah lakukan pendataan tenaga kesehatan siapa saja yang harus mendapatkan vaksin, karena nanti akan dilakukan sebanyak dua kali dosis. Sehingga jika 13.200 kita bagi dua untuk 6.600-an tenaga kesehatan yang nanti mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama,” jelasnya.

Baca: Besok, 40.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Sumut

Distribusi Vaksin Covid-19

Menurut Emma Simanjuntak, vaksin itu akan didistribusikan ke 378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, dua rumah sakit swasta. Sisanya akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang berada di klinik-klinik swasta, yang telah diverifikasi untuk mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama.

“Seluruh vaksin ini untuk sementara akan disimpan di gudang farmasi milik dinas kesehatan provinsi. Kita punya instalasi farmasi yang terletak di Pulau Indah, Kecamatan Kelapa Lima,” kata Emma.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

4 Komentar