Targetkan Jadi Pemain Utama Industri Mobil Listrik, Ini Yang dilakukan Erick Tohir

(Istimewa)

digtara.com Pemerintah menargetkan kesiapan menjadi pemain utama dalam industri mobil listrik. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pun melakukan strategi, salah satunya berkordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Targetkan Jadi Pemain Utama Industri Mobil Listrik, Ini Yang dilakukan Erick Tohir

“Saya sudah perintahkan PLN untuk meningkatkan pelayanan dan mengubah strategi bisnis pasca pandemi. Alhamdulillah PLN sudah on the track dan ikut dalam konsorsium BUMN dalam pembuatan EV battery kerjasama dengan Korea dan Cina,” katanya.

Pihaknya akan menjajaki kerjasama dengan Tesla, produsen mobil listrik adal Amerika Serikat. Insya Allah Februari akan dilakukan penjajakan. Hal tersebut disampaikan Erick saat melakukan uji coba mobil listrik dan pengecekan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali.

Muat Lebih

Ditambahkan Erick, keyakinan ini didasari oleh sumber daya alam Indonesia yang mendukung. Salah satunya negara dengan sumber daya nikel yang terbesar mendukung Indonesia jadi produsen utama sumber daya baterai mobil tersebut.

“Baterai merupakan komponen utama mobil listrik. Dengan kekayaan SDA tentu harus didukung dengan SDM agar mampu menjadi produsen utama dalam industri tersebut,” ucapnya, Senin (4/1/2021).

Jakarta-Bali Hanya Rp200 Ribu

Erick juga mengungkapkan bahwa tim PLN telah melakukan uji coba mengendarai mobil listrik dari Jakarta ke Bali.
“Yang apabila dengan BBM (Bahan Bakar Minyak) ongkosnya adalah Rp1,1 juta, maka mobil listrik hanya Rp200 ribu. Tentunya sangat menghemat terutama di saat pandemi seperti ini,” ujarnya.

Ia juga berharap keberadaan mobil listrik nantinya juga akan mampu menekan impor BBM Indonesia. Selain itu, mobil listrik juga membawa manfaat bagi lingkungan.

“Mobil listrik lebih ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan lebih rendah dibanding kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak, mampu mengurangi polusi udara dan juga polusi suara,” tutupnya.

Saksikan video-video terbaru lainnya hanya di Channel Youtube TVDigtaraJangan lupa, like comment and Subscribe.

Targetkan Jadi Pemain Utama Industri Mobil Listrik, Ini Yang dilakukan Erick Tohir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar