Pimpin SAR Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pangkoarmada I: Kita Fokus Temukan Korban

  • Whatsapp
Pimpin SAR Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pangkoarmada I: Kita Fokus Temukan Korban
Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K SE MM memimpin langsung pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh diantara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (14/1/2021). (istimewa)

digtara.com – Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K SE MM memimpin langsung pencarian Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak pada Sabtu pukul 14.40 WIB pekan lalu yang jatuh di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pimpin SAR Pesawat Sriwijaya SJ 182, Pangkoarmada I: Kita Fokus Temukan Korban

Menurutnya, sejak Operasi SAR ini dibuka oleh Basarnas, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan sejumlah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) serta tim Penyelam TNI AL yang terdiri dari Komando Pasukan Katak (Kopaska), Intai Amfibi Marinir (Taifib) dan Penyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I untuk membantu pencarian pesawat tersebut.

“Unsur-unsur KRI TNI Angkatan Laut membantu Basarnas yang tergabung dalam Tim Gabungan untuk melakukan Search and Resque (SAR) Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang dilaporkan lost contact,” kata Pangkoarmada I dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/1/2021).

Muat Lebih

Sesuai arahan Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono SE MM yang memberikan semangat dan dukungan penuh kepada seluruh prajurit di lapangan dengan meninjau langsung proses pencarian di lokasi, TNI AL langsung mengerahkan KRI dari Komando Armada I, KRI Teluk Teluk Gilimanuk-531 yang mengangkut Tim Penyelam TNI AL untuk membantu pelaksanaan Operasi SAR yang digelar oleh Basarnas.

“Kemudian, KRI RE Martadinata-331, KRI Tjiptadi-381, KRI Teluk Cirebon-543, KRI Parang-647, KRI Kurau-856, KRI Tenggiri-865, KRI Cucut-886, serta Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB) Denjaka, Kopaska, Taifib dan Dislambair juga membantu melakukan pencarian di tempat jatuhnya pesawat SJ 182,” sebut Pangkoarmada I.

Selain Itu, TNI AL mengerahkan KRI Rigel-933 yang merupakan kapal survei hidro-oseanografi yang memiliki beragam perlengkapan canggih dengan kategori multi purpose research vessel (MPRV).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan