Mulai Hari Ini, Pemerintah Hapus Syarat Tes PCR dan Antigen Bagi Penumpang Pesawat, Kereta Api Maupun Kapal Laut

Selasa, 08 Maret 2022 13:15
int
Mulai Hari Ini, Pemerintah Hapus Syarat Tes PCR dan Antigen Bagi Penumpang Pesawat, Kereta Api Maupun Kapal Laut

digtara.com – Pemerintah resmi menghapus aturan syarat tes antigen dan PCR untuk penumpang pesawat, kereta api atau kapal laut bagi orang yang sudah divaksin dua dosis, mulai hari ini 8 Maret 2022. Ini berlaku untuk perjalanan darat, laut, maupun udara. Tes PCR Penumpang Pesawat

Aturan ini berlaku hingga waktu yang tidak ditentukan dengan melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19 ke depan.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 yang ditandatangani Ketua Satgas Covid-19 Suharyanto pada Selasa (8/3/2022).

“Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen,” tulis SE 11/2022 tersebut.

Baca Juga: Aturan Perjalanan Tanpa Tes PCR dan Antigen Belum Bisa Diberlakukan di Sumut, Ini Alasannya!

Meski begitu, skiring kesehatan tetap dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan.

Aturan bebas dari tes PCR dan antigen juga berlaku bagi anak usia di bawah 6 tahun, namun tetap harus didampingi selama perjalanan dengan protokol kesehatan ketat.

“Pelaku Perjalanan Dalam Negeri dengan usia dibawah 6 tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” lanjutnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait