Kapolri Jelaskan Alasan Polisi Tak Kunjung Menahan Istri Ferdy Sambo Putri Candrawathi

Selasa, 20 September 2022 13:15
antara
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

digtara.com – Putri Candrawathi menjadi salah satu tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J alias Brigadir Nofryansyah Yosua Hutabarat. Tak kunjung ditahannya istri mantan Kadiv Propam Putri Candrawathi dijawab langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Hal ini memunculkan isu adanya negosiasi dan kewenangan Ferdy Sambo yang tersisa hingga membuat Polri tak berkutik untuk menahannya.

Terkait hal itu, Kapolri pun buka suara dalam acara Kick Andy MetroTV, ia mengungkap alasannya tidak menahan Putri Candrawathi.

Menurutnya, ada pertimbangan-pertimbangan subyektif yang menjadi kewenangan penyidik untuk tidak menahannya.

Pernyataan Listyo itu diunggah kembali oleh akun Instagram @lambegosiip pada Selasa (20/9), disebutkan ada surat rekomendasi dari Komnas Perempuan terkait kondisi kesehatan Putri Candrawathi yang disebutkan perlu perhatian khusus.

Baca: Putri Candrawathi Tak Kunjung Ditahan, Sikap Polri Dianggap Tak Adil dan Sakiti Hati Rakyat

Ditambah ia memiliki anak berusia 1,5 tahun yang juga menjadi pertimbangan penyidik.

“Terkait apakah dia menghalang-halangi penyidikan, apakah ingin mengulangi lagi, Ini jadi pertimbangan. Penyidik akhirnya memutuskan mencekal, dan memberi kesempatan wajib lapor 2 minggu sekali,” katanya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikutip Selasa (20/9/22).

Sigit mengatakan, ini menjadi keputusan yang tidak populer di mata publik. Karena itu, kedepannya dia meminta penyidik memiliki standar operasional prosedur (SOP) untuk perkara serupa.

Baca: Putri Candrawathi Tak Kunjung Ditahan, Sikap Polri Dianggap Tak Adil dan Sakiti Hati Rakyat

“Saya minta ke penyidik, terkait dengan hal-hal seperti ini memiliki SOP ke depan yang sama sehingga untuk masyarakat, kelompok rentan mendapat SOP yang sama sehingga tidak jadi masalah yang dibanding-bandingkan,” ungkapnya.

Listyo Sigit juga menyebut jika Ferdy Sambo tak memiliki kewenangan lagi sejak ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat sejumlah pasal.

Laman: 1 2

Berita Terkait