Gak Nyangka! Segini Besaran THR dan Gaji ke 13 Jokowi-Maruf Amin

Jumat, 15 April 2022 09:19
int
Jokowi-Maruf Amin

digtara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin dipastikan mendapatkan THR dan gaji ke 13. Besaran THR Gaji Jokowi-Maruf Amin

Berapa besaran THR yang diterima Jokowi dan Maruf Amin?

Dalam UU 71/1978, disebutkan bahwa gaji presiden ditetapkan sebesar enam kali gaji pokok tertinggi pejabat negara selain presiden dan wakil presiden.

Sementara untuk gaji wakil presiden yaitu sebesar empat kali gaji pokok tertinggi pejabat negara.

Baca: Kecewa dengan Kepimpinan Jokowi, Ratusan Mahasiswa Binjai Gelar Unjukrasa

Adapun gaji pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakil presiden sebesar Rp 5,04 juta per bulan. Besaran tersebut merupakan gaji untuk pejabat tinggi negara setingkat Ketua DPR dan Ketua MPR.

Artinya, gaji presiden bisa mencapai Rp 30,24 juta atau dengan penghitungan 6 x Rp 5,04 juta per bulan. Sementara itu, gaji wakil presiden mencapai Rp 20,16 juta dengan penghitungan 4 x Rp 5,04 juta per bulan.

Sampai saat ini, belum ada revisi aturan terkait hal tersebut. Artinya, belum ada kenaikan gaji presiden dan wakil presiden sejak era kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid.

Selain gaji pokok, presiden dan wakil presiden juga memperoleh tunjangan jabatan yang diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) 68/2001 tentang Perubahan Atas Keppres 168/2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Laman: 1 2

Berita Terkait