Duka di Awal 2021, Sederet Bencana Di Tengah Lonjakan Corona

  • Whatsapp
bencana 2021
Potret pemakaman korban Covid-19 ((int/digtara))

Akibat gempa ini, tercatat sudah ada 73 orang meninggal dunia. Dari 73 orang korban meninggal tersebut, 64 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan sembilan orang di Kabupaten Majene.
Raditya Jati mengatakan, korban luka mencapai 554 di Majene. Dari jumlah ini, 64 luka berat, 215 luka sedang, dan 275 luka ringan.

“Terdapat 27.850 orang mengungsi di 25 titik pengungsian yang tersebar di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang serta Desa Limbua,” kata Raditya.

Selain itu, di Kabupaten Mamuju, luka berat mencapai 189 orang. Di Mamuju ada 5 titik pengungsian.

Muat Lebih

Banjir dan Longsor di Manado

Potret longsor di Manado. (int/digtara)

Kota Manado, Sulawesi Utara, dilanda bencana banjir dan longsor pada Sabtu (16/1). Berdasarkan data terbaru BNPB, tercatat jumlah korban tewas mencapai 5 orang dan 1 orang masih dinyatakan hilang.

Raditya Jati, menambahkan, ada 500 orang mengungsi akibat banjir dan longsor di Manado.

“10 kecamatan terdampak, 500 orang mengungsi. BPBD Sulbar dan BPBD Manado mengkaji cepat dan evakuasi bersama SAR, TNI-Polri, masyarakat dan relawan,” kata Raditya.

Lebih lanjut, Raditya menyebut ada 12 unit rumah warga rusak. Rinciannya tersebar di 10 kecamatan yakni Tilaka, Paal Dua, Malalayang, Sario, Bunaken, Tuminting, Mapanget, Tikala, Singkil dan Wenang.

BNPB mengatakan, Kota Manado berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir. BNPB mengimbau masyarakat tetap waspada dan siaga di tengah musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah Indonesia hingga Februari 2021.

Erupsi Gunung Sinabung, Merapi hingga Semeru

bencana 2021
Penampakan lava di Gunung Semeru. (int/digtara)

Memang belum memakan korban jiwa, tapi erupsi gunung berapi ini mengganggu akifitas warga. Berdasarkan data MAGMA Indonesia, aplikasi yang dibangun oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tercatat ada 4 gunung yang erupsi di awal tahun 2021.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan