Diminta Serius Tangani KKB, Presiden Jokowi Disarankan Pindah Kantor ke Papua

Kamis, 09 September 2021 18:21
Tangkapan layar Youtube
Presiden Jokowi dalam sambutan peringatan Haornas ke-38, Kamis (9/9/2021).

digtara.com – Penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) belum juga berakhir. Untuk serius menumpas dan memusnahkan KKB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan pindah kantor ke Papua. Presiden Jokowi Disarankan Pindah Kantor ke Papua

Pengamat Terorisme dan Intelijen dari The Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA), Harits Abu Ulya mengatakan ada sejumlah opsi yang bisa ditempuh pemerintah dalam meredam polemik di Papua.

Menurut Harits, dibutuhkan top leader dari NKRI yang mumpuni, mempunyai kapasitas, kredibel dan dukungan politik yang konstruktif dari berbagai pihak.

Sebab, pergerakan TNI untuk menumpas KKB Papua tersebut tergantung keputusan politik pemerintah.

Kemudian, ada dua faktor utama yang mempengaruhi kasus teroris separatisme di Papua. Pertama, keinginan dan kapasitas pemerintah pusat untuk menuntaskan kasus Papua secara berimbang proporsional dengan semua pendekatan, tegas, terukur dan komprehensif.

Sejauh apa hal pertama ini dimiliki pemerintah pusat, akan berpengaruh signifikan pada penyelesaian problem Papua.

Kemudian yang kedua, adanya komitmen para pemimpin lokal Papua untuk mengakhiri konflik.

Komitmen untuk bersama membangun Papua yang makmur adil dan maju dengan berkeadaban. Oleh karena itu para penguasanya harus tidak bermental koruptor dan oportunis.

Laman: 1 2

Berita Terkait