Belum Ditemukan, Ini Alasan Kenapa Kru Tak Keluar dari Kapal Selam yang Tenggelam

  • Whatsapp
Belum Ditemukan, Ini Alasan Kenapa Kru Tak Keluar dari Kapal Selam yang Tenggelam
Belum Ditemukan, Ini Alasan Kenapa Kru Tak Keluar dari Kapal Selam yang Tenggelam (internet)

digtara.com – Kapal selam KRI Nanggala-402 mengalami hilang kontak saat sedang menjalani latihan di perairan Bali, Rabu, 21 April 2021 lalu. Kapal Selam yang Tenggelam

Kapal yang membawa 53 personel TNI AL itu diduga oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto kehilangan kontak tidak lama setelah diberi izin menyelam dan diperkirakan sedang berada di kedalaman 700 meter di bawah permukaan air.

KRI yang berusia 44 tahun itu dilengkapi dengan cadangan oksigen yang hanya dapat bertahan selama 72 jam.

Muat Lebih

Meski begitu sampai saat ini pencarian masih terus dilakukan untuk mengevakuasi 53 awal kapal beserta kapal itu sendiri.

Salah satu hal yang kemudian banyak dipertanyakan di media sosial adalah mengapa para awak kapal selam tidak keluar dari pintu emergency dan keluar untuk menyelamatkan dirinya sendiri? Berikut penjelasannya.

Pertama, perlu diketahui bahwa pintu darurat yang ada di kapal selam tidak bisa dibuka dengan leluasa karena telah dirancang jauh lebih rumit supaya tidak bisa dimasuki air laut. Sebagai pengganti, telah tersedia compartment penyelamat di mana bagian tersebut tidak bisa dimasuki air karena memiliki sistem isolasi walau bagian kapal lain telah bocor.

Baca: Viral, Awak KRI Nanggala 402 Nyanyi Lagu Sampai Jumpa Endang Soekamti

Tekanan Hidrostatis Air Laut

Jika awal kapal memutuskan keluar di kedalaman 700 meter, maka air akan memenuhi ruang kosong kapal hanya dalam hitungan detik. Jika dalam kedalaman rendah, awak kapal masih mungkin menahan tekanan air yang masuk dan berenang ke luar.

Namun perlu diketahui bahwa tekanan air akan meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar