Akhir Tahun, Menko Luhut Minta Pemda Siapkan Strategi Penanggulangan Bencana Alam

  • Whatsapp
Akhir Tahun, Menko Luhut Minta Pemda Siapkan Strategi Penanggulangan Bencana Alam
Sekda Sumut, R Sabrina mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam rapat koordinasi dengan Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. Dalam Rapat itu Menko Luhut meminta pemerintah daerah meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan strategi penganganan bencana yang kerap kali terjadi pada akhir tahun. Seiring dengan datangnya musim hujan. (Istimewa)

digtara.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meminta para kepala daerah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan strategi penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Permintaan itu disampaikan Luhut saat melakukan rapat koordinasi secara daring bersama dengan pemerintah provinsi dan forum komunikasi pimpinan daerah dari seluruh Indonesia pada Jumat, 9 Oktober 2020 kemarin.

Luhut merasa permintaan itu perlu disampaikan mengingat sejak Oktober hingga enam bulan ke depan, wilayah Indonesia, termasuk Sumatera Utara, berpotensi mengalami bencana alam akibat musim hujan tersebut.

Muat Lebih

BACA JUGA: Kapoldasu: TNI-Polri di Sumut Harus Siap Hadapi Potensi Bencana Alam

“Ini harus kita antisipasi dengan strategi yang benar. Siapkan pengungsian dan lainnya. Apalagi saat ini kita juga masih dalam kondisi pandemi. Jangan sampai kalau ada bencana nanti menjadi cluster baru penyebaran Covid-19. Untuk itu perlu strategi dan perencanaan,” ujar Luhut.

BACA JUGA: BNPB Prediksi lebih 2500 Bencana Alam akan terjadi pada Tahun 2019 di Indonesia.

Kemudian, Luhut juga membahas perkembangan demonstrasi di berbagai daerah. Kerumunan akibat demo di daerah-daerah ditakutkan menambah peningkatan laju konfirmasi positif Covid-19. Luhut meminta agar gugus tugas aktif melakukan tracing di situasi saat ini.

“Sehingga kalau ada yang terinfeksi langsung cepat bisa ditangani dan tidak memperluas penyebaran. Saya harapkan ini menjadi perhatian masing-masing Pemda,” katanya.

 

Evakuasi…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan