Penyelundupan 1 Ton Vanili Diungkap, 4 WNA Papua Nugini Diringkus

  • Whatsapp
Penyelundupan 1 Ton Vanili Diungkap, 4 WNA Papua Nugini Diringkus
(internet)

digtara.com – Empat warga negara asing (WNA) asal Papua Nugini (PNG) ditangkap TNI Angkatan Laut di Jayapura, Papua saat berupaya menyelundupkan 1 ton vanili senilai Rp3 miliar melalui jalur laut. Penyelundupan 1 Ton Vanili Diungkap, 4 WNA Papua Nugini Diringkus

Keempat WNA PNG yang ditangkap TNI AL tersebut masing-masing berinisial KL (37), NY (36), PB (18) dan RM (51). Mereka diamankan di perairan Holtekamp Jayapura.

“Empat WNA PNG ini ditangkap Satuan Patroli Lantamal X karena melanggar keimigrasian dan menyelundupkan vanilli. Mereka masuk wilayah perairan Indonesia secara ilegal pada hari Selasa kemarin,” kata Komandan Lantamal X Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho kepada wartawan di Mako Satrol Lantamal X, Papua pada Rabu (7/4/2021).

Muat Lebih

Ia menjelaskan bahwa WNA ini juga melanggar wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa dilengkapi dokumen yang legal. Mereka membawa 1 ton vanili asal PNG tanpa disertai bukti surat kekarantinaan maupun kepabeanan.

Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho mengatakan bahwa penindakan tegas ini sebagai penegakan hukum dan untuk menjaga kewibawaan bangsa dan negara.

“Kita tidak ada henti-hentinya untuk melakukan penegakan hukum di laut, kewibawaan bangsa dan negara ini tetap terjaga, hadirnya TNI-Polri bersamaan dengan yang lain, tidak lain untuk menjaga kewibawaan negara agar wibawa negara tetap eksis di mata dunia”, ungkap Yeheskiel.

Lanjut dia, ada 36 koli vanili yang akan diselundupkan. Para tersangka akan langsung diserahkan kepada Kantor Keimigasian Jayapura dan barang bukti vanili kepada Karantina Pertanian Jayapura dan Bea Cukai Jayapura.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan