Pencuri dan Penadah Kerbau Curian di Sumba Barat Dibekuk Polisi

Kerbau Curian
Polres Sumba Barat mengekspos kasus pencurian kerbau di wilayah hukumnya (ist/digtara)

digtara.com – Empat orang pelaku pencurian dan penadah kerbau hasil curian ditangkap aparat keamanan dari Polres Sumba Barat. Dua orang pelaku pencurian yakni BN dan AKW merupakan penggembala kerbau milik korban. Sementara DM dan MN penadahnya.

Kapolres Sumba Barat, AKBP FX Irwan Arianto, SIK MH kepada wartawan, Selasa (2/3/2021) mengatakan, pengungkapan kasus ini bermula dari laporan korban pada 17 Februari 2021 lalu yang mengaku kehilangan ternak kerbau pada 2 Februari 2021.

Korban, Ferdinan K kehilangan sekitar 9 ekor kerbau dari 120 kerbau miliknya yang berada di Kampung Tai Padang, Desa Gaura, Kecamatan Lamboya Barat, Kabupaten Sumba Barat.

Muat Lebih

Dalam laporannya kepada petugas SPKT Polres Sumab Barat, korban juga mengaku mendapat informasi dari temannya Obi, bahwa ada 3 ekor kerbau mirip miliknya di rumah tersangka DM di Desa Dangga Mangu, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Kerbau tersebut dicurigai milik korban yang hilang di kecamatan Lamboya beberapa waktu lalu,” ujar Kapolres Sumba Barat.

Saat petugas SPKT Polres Sumba Barat mendatangi tempat sesuai informasi dari Obi, ditemukan 2 ekor kerbau yang diduga milik korban.

Polisi langsung mengamankan 2 ekor kerbau tersebut serta 2 orang yang diduga merupakan penadah hewan curian tersebut masing-masing DM dan MN. DM dan MN langsung diperiksa oleh penyidik Sat Reskrim Polres Sumba Barat.

“Setelah penyidikan dilakukan, DM dan MN ditetapkan sebagai pelaku penadah terkait kasus pencurian ternak di Kecamatan Lamboya,” tambah Kapolres Sumba Barat.

DM menyampaikan bahwa hewan tersebut diterima BN dan AKW yang tidak lain adalah penggembala ternak milik korban.

“Atas kesiap siagaan dari piket penjagaan SPKT berhasil mengamankan 4 pelaku dimana 2 diantaranya adalah pengembala serta 2 orang lainnya adalah pengembala nya juga,” ujar Kapolres Sumba Barat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan