Pecatan Polisi Polce Lani Cs Diadili di PN Oelamasi, Ini Kronologi Lengkap Pencurian Sapi

Jumat, 19 November 2021 08:23
ist
Para terdakwa dibawa menuju Pengadilan Negeri Oelamasi Kupang, kemarin

digtara.com – Pengadilan Negeri (PN) Oelamasi Kupang telah menyidangkan perkara dugaan tindak pidana pencurian ternak sapi dengan terdakwa Polce Lani (43), Magelhans Yonas Y. Adu alias Hans (42), Rio Mooy (35), Yonathan Ndun alias Nathan (39), Agustinus Adu alias Agus (38) dan Fransiskus Soge Watun alias Ola Soge (45).

Tahapan persidangan perkara terdakwa Polce Lani Cs ini telah sampai pada tahapan pembuktian.
Pada sidang yang digelar pada Kamis (18/11/2021), diagendakan pemeriksaan terhadap sopir angkot yang mobilnya dipakai untuk mengangkut daging sapi curian, Semri Kase.

Namun karena Semri Kase tidak hadir sehingga sidang pemeriksaan saksi ditunda hingga pekan depan.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kupang, Pethres M. Mandala, SH, yang dikonfirmasi wartawan, Jumat (19/11/2021), mengatakan, saksi yang telah diperiksa dalam persidangan perkara ini sebanyak lima orang.

Saksi yang diperiksa terdiri dari saksi korban yaitu pemilik dua ekor sapi yang menjadi objek pencurian dalam perkara ini. Termasuk dua orang polisi selaku saksi yang menangkap terdakwa dan saksi lainnya.

“Rencananya setelah pemeriksaan saksi sopir angkot, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi kunci atau saksi mahkota yaitu saksi antar pelaku penadahan dan pencurian,” kata Pethres.

Sidang perkara ini dipimpin Hakim Ketua
Ikrarniekha Elmayawati Fau SH, MH, didampingi Hakim Anggota Afhan Rizal Alboneh, SH, dan Fridwan Fina SH.

Sementara tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dihadiri Pethres M Mandala SH, Shelter F Wairata SH, dan Vinsya Murtiningsih, SH.

Perbuatan para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 363 ayat (1) ke-1 dan ke-4 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sesuai surat dakwaan JPU yang dibacakan pada sidang perdana, diuraikan bahwa keenam terdakwa bersama-sama pada Rabu, 28 Juli 2021, sekira pukul 01.00 Wita bertempat di Desa Sumlili, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang telah mencuri seekor sapi betina dengan umur sekira 8 tahun milik Fransiskus Gata, dan seekor sapi betina dengan umur sekira 6 tahun milik Seles Arnolus Ngganggoek.

Kronologi Lengkap

Laman: 1 2 3

Berita Terkait