Kepsek SMPN 1 Semau Selatan Dilaporkan ke Polisi, Diduga Gelapkan Dana Beasiswa PIP

SMPN 1 Semau Selatan
SMPN 1 Semau Selatan

digtara.com – Orang tua siswa di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, NTT menduga telah terjadi penipuan dan penggelapan dana beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) di SMPN 1 Semau Selatan, Kabupaten Kupang. Dugaan itu telah dilaporkan ke Polres Kupang.

Laporan Febi Ramalia Beeh Nafie (36), warga RT 08/RW 04, Desa Uiboa, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang selaku mewakili orang tua siswa tercatat di Polres Kupang dengan nomor LAP. AD/ 42 / V / 2021 / NTT / Polres Kupang tanggal 3 Mei 2021.

Febi hadir bersama pelapor lainnya yakni Soleman Pong (38), warga RT 13/RW 08, Desa Uitiuhtuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang dan Elmi Ester Laitbaun (38), warga RT 01/RW 01, Desa Bakunusan, Kecamatan Semau Utara, Kabupaten Kupang.

Dalam laporannya terungkap, kasus ini terjadi sejak bulan April 2018, di SMP Negeri 1 Semau Selatan, Desa Uiboa, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang.

Orang tua siswa melaporkan Kepala Sekolah Edrison Lanus SAg (45) yang merupakan warga Kelurahan Namosain, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Kasus ini berawal dari terlapor yang juga kepala sekolah di SMP Negeri I Semau Selatan menerima Dana Beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar). Dana diterima sejak tahun 2018 untuk siswa sebanyak 389 siswa dan pada tahun 2019 untuk siswa sebanyak 351 siswa. Lalu pada 2020, terlapor menerima dana beasiswa PIP untuk 238 siswa.

Namun terlapor hanya menyalurkan dana tersebut pada tahun 2020 kepada sebagian siswa yang berjumlah 181 siswa.

Selain itu jumlah uang yang disalurkan tidak sesuai dengan jumlah uang yang tertera pada buku tabungan setiap siswa masing–masing.

Pelapor yang merupakan salah satu wali murid/siswa yang menerima buku tabungan dari terlapor langsung mengecek pada Bank BRI unit Tenau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan