Hasil Lie Detector Tiga Tersangka Sudah Dibeberkan, Ferdy Sambo dan Putri Kok Belum

Jumat, 09 September 2022 20:14
ist
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo

digtara.com – Polri belum mengungkap hasil lie detector Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi setelah selesai menjalani pemeriksaan, Kamis (8/9/2022). Padahal, tiga tersangka lain sudah langsung diumumkan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menerangkan, hasil pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo belum bisa diungkap saat ini. Pasalnya hal tersebut masuk materi pokok penyelidikan.

“Sekali lagi rekan-rekan untuk materi pokok penyelidikan dan penyidikan saya mohon maaf belum bisa menyampaikan,” katanya, Jumat (9/9/2022).

Dia menerangkan bahwa yang menjadi acuannya belum menyampaikan hasil pemeriksaan tersangka pembunuhan berencana Brigadir J tersebut merujuk Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik materi penyidikan dikecualikan untuk diumumkan.

Diterangkan, bila hasil pemeriksaan tersebut diberikan langsung oleh Tim Khusus Polri maka dia pun bisa mengunkapkannya kepada publik. Namun hingga kini belum bisa dilakukan hal tersebut.

“Kalau penyidik memberikan bahan kepada saya kami tentunya akan sampaikan kepada teman-teman, ini peran bagian dari materi dan tidak diberikan kepada saya tentunya tidak akan saya sampaikan,” ucapnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah memeriksa keempat tersangka kasus pembunuhan Brigadir J yakni Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Bharada E, dan Brigadir RR.

Dengan selesainya pemeriksaan terhadap Ferdy Sambo, maka kelima tersangka telah diuji keterangannya denga menggunakan lie detector.

Dari lima tersangka, penyidik hanya mengumumkan hasil uji kebohongan tersangka Eliezer, Ricky, dan Kuat.

“Barusan saya dapat hasil sementara uji polygraph terhadap RE, RR dan KM, hasilnya “No Deception Indicated” alias jujur,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi pada Selasa (6/9/2022).

Sedangkan hasil uji kebohongan Putri dan Ferdy Sambo hingga kekinian belum diungkap.

Berita Terkait