Bobol 3.070 Rekening hingga Rp21 Miliar, 10 Orang Ditangkap Polisi

Senin, 05 Oktober 2020 23:35
internet
Ilustrasi

digtara.com – Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri telah menangkap sepuluh orang pelaku kasus pembobolan rekening PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan akun Grab dengan nilai kerugian mencapai Rp21 miliar. Bobol 3.070 Rekening hingga Rp21 Miliar

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, ada sepuluh orang pelaku yang ditangkap tanpa perlawanan di wilayah OKI, Sumatera Selatan, yakni AY, JL, GS, K, J, RP, KS, JP, PA, dan A.

“Pelaku diambil subuh sekitar jam 4 pagi. Penangkapan berdasarkan laporan dari masyarakat, dan salah satu transportasi online pada bulan Juni 2020,” kata Argo di Mabes Polri pada Senin (5/10/2020).

Selanjutnya, Argo mengatakan, pelaku langsung dibawa ke Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Ternyata, pelaku mengaku sudah menjalankan aksinya sejak 2017.

“Dia sudah melakukan pengambilan akun sekitar 3.070 rekening,” ujarnya.

Menurut dia, para pelaku memiliki peran masing-masing dalam menjalankan aksinya dan sangat rapi. Ada yang menjadi kapten, memiliki IT, pengirim rekening korban, dan pengambil.

Baca: 4 Karyawan dari 2 Bank di Kota Kupang Terpapar Covid-19

“Jadi kaptennya pelaku Y, dia yang kendalikan operasinya. Yang lain persiapan IT dan sebagainya,” kata dia.

Meminta Password OTP

Sementara itu, Argo mengatakan, modus operandi pelaku dengan cara meminta password dari OTP (one time pasword) bank milik korban. Seolah-olah, kata dia, pelaku ini dari pihak bank untuk melakukan pengkinian sistem dan lainnya.

Laman: 1 2

Berita Terkait