Virus Corona Baru Ditularkan Anjing ke Manusia, Kok Bisa?

Sabtu, 22 Mei 2021 11:10
suara/digtara
Virus corona baru dari anjing

digtara.com – Persoalan vaksin COVID-19 belum usai, kini peneliti menemukan virus corona baru yang diduga berasal dari anjing dan menular ke manusia.

Fakta ini ditemukan saat peneliti melakukan tes swab (tes usap hidung dan tenggorokan) pada seorang anak Malaysia yang didiagnosis terserang pneumonia pada 2018.

Virus itu menjadi yang kedelapan ditemukan pada manusia. Selain itu, virus ini jadi virus corona pertama yang berasal dari anjing.

Sayangnya, dalam penelitian yang diterbitkan pada 20 Mei 2021 dan dipublikasi di jurnal Clinical Infectious Disease itu tidak bisa membuktikan apakah virus corona pada anjing yang menyebabkan anak tersebut sakit, atau disebabkan mikroba lain karena anak tersebut juga diketahui terinfeksi rhinovirus.

Rhinovirus adalah virus yang menyebabkan flu biasa pada manusia, atau salah satu virus penyebab flu musiman setiap tahunnya.

“Seberapa umum virus (dari anjing) ini, dan apakah bisa menularkan secara efisien dari anjing ke manusia atau antar manusia, tidak ada yang tahu,” ujar dr. Gregory Gray, Profesor Kedokteran dan Kesehatan Lingkungan di Duke University, mengutip Live Science, Sabtu (22/5/2021).

Namun menurut peneliti, hal yang perlu digarisbawahi ialah adanya ancaman virus corona dari hewan ke manusia yang semakin jelas.

Laman: 1 2

Berita Terkait