Tiga Artis Ditangkap Dalam Sepekan, Bukti Rentannya Dunia Gemerlap Artis dari Narkoba

Rabu, 24 Juli 2019 11:45
Nunung dan Jamal, dua artis yang ditangkap Polisi karena kasus penyalahgunaan narkoba (net)

digtara.com | JAKARTA – Tiga artis Indonesia ditangkap Polisi dalam sepekan terakhir. Pertama komedian Tri Retno Prayudati alias Nunng (66), yang ditangkap atas kepemilikan 0,36 gram narkoba jenis sabusabu.

Lalu ada Zulfikar alias Jamal, pemeran Bos Jamal dalam serial televisi Preman Pensiun yang juga dalam kasus penyalahgunaan sabusabu. Serta yang teranyar, aktor muda Jefri Nichol ditangkap Polisi di rumahnya lantaran kepemilikan narkoba jenis ganja sebanyak 6,01 gram.

Beberapa ahli menyebut memang dunia kehidupan artis bisa sangat dekat dengan narkoba karena beberapa sebab.
Psikiater dr Nova Riyanti Yusuf SpKJ dari RS Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Jakarta menyebutkan, salah satu hal yang bisa mendorong para artis memakai narkoba karena perasaan takut gagal dan gaya hidup mewah. Saat terjadi hambatan dalam hidup narkoba jadi jalan pintas untuk mencari ketenangan.

“Artinya untuk mentransport mereka ke dunia itu ya mereka harus menggunakan zat-zat yang membuat mereka senang, mengantarkan mereka supaya mereka punya energi berlebih. Ya itu sih hanya medium ya,” kata dr Nova beberapa waktu lalu.

Sementara itu dr Andri, SpKJ, FAPM dari Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam Sutera menambahkan faktor kelelahan yang bisa dirasakan oleh para artis juga bisa jadi pendorong. Bekerja sepanjang waktu tanpa makan yang cukup, kurang olahraga, serta kurang tidur membuat beberapa artis menggunakan narkoba demi stamina.

Namun demikian yang sering terlewatkan efek peningkatan stamina ini hanya sementara karena setelah itu akan muncul efek buruknya. Reaksi balik yang dirasakan yakni konsentrasi berkurang drastis, sakit kepala, depresi, hingga kelelahan.

Jefri Nichol (net)

Pada saat inilah biasanya kecanduan mulai timbul. Agar bisa merasa normal kembali pengguna menggunakan dosis yang lebih tinggi.

“Biasanya yang gunakan sabu itu tidak capek, tidak usah tidur, bahkan bisa fokus lama-lama. Mirip dengan stimulan lain seperti kokain. Kokain juga begitu kan,” ungkapnya.

[AS]

Berita Terkait