RSUP Adam Malik Stok 4 Ribu Vaksin untuk 2 Ribu Nakes

RSUP Adam Malik
(Zainal saat diwawancara di RSUP Adam Malik di Gedung Paviliun. foto:goklaswisely/digtara)

digtara.com – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik akan melakukan vaksinasi kepada sekira 2 ribu tenaga kesehatan (nakes). Sebanyak 1.719 nakes dari RSUP Adam Malik dan 300 nakes dari luar.

“Kita bagi beberapa kelompok untuk 1.719 nakes yang akan divaksin. Ada sebagian kelompok kecil yang tidak boleh divaksinasi. Itu akan terlihat sewaktu screening. Misal ada yang asma, tensi tinggi, akan divaksin di Minggu ke-3 atau 4,” ujar Direktur Utama RSUP Adam Malik, Zainal Safri kepada wartawan di Gedung Paviliun, Selasa (19/1/2021).

Zainal mengaku telah mendapatkan stok vaksin sekitar 4 ribu vial. Sebab jumlah yang ingin divaksin ada 2 ribu nakes. Adapun untuk tahap kedua vaksinasi akan dilakukan 2 Minggu selanjutnya.

Muat Lebih

“Agar nanti tidak bercampur orang yang sudah divaksin sekali dengan yang baru mau divaksin. Maka kami akan dibuka satu tempat lagi di area ini,” jelasnya.

Ia katakan untuk tahap awal vaksinasi memang memprioritaskan nakes. Pasalnya, nakes menjadi kelompok yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terpapar Covid-19.

“Karena nakes ini kan selalu bersinggungan dengan pasien, termasuk untuk menangani pasien terpapar Covid-19 ke depan,” tuturnya.

Dijelaskannya pula sampai saat ini kapasitas tempat di RSUP Adam Malik untuk melayani masyarakat yang terpapar Covid-19 masih memadai.

“Kami masih menyediakan 50 persen tempat untuk melayani warga terpapar Covid-19. Sampai saat ini sudah 170 tempat yang digunakan. Sewaktu libur natal dan tahun baru kemarin, kita sudah melakukan penambahan tempat sekitar 20 persen dari total tempat tidur di rumah sakit,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan