Perempuan Hamil Ternyata Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

  • Whatsapp
Perempuan Hamil Ternyata Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19
Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Sumatera Utara (Sumut) Iman Helmi Effendi. (Istimewa)

digtara.com – Perempuan hamil ternyata masuk ke dalam kelompok rentan terinfeksi virus korona (covid-19). Selayaknya orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta/komplikasi.

Karena itu, untuk menghindari risiko kesehatan hingga kematian, baik pada ibu atau bayi perlu perhatian ekstra kepada ibu hamil.

Hal itu ditegaskan Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Sumatera Utara (Sumut) Iman Helmi Effendi di Media Centre Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Lantai 6 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (9/7/2020).

Bacaan Lainnya

“Hal ini dikarenakan saat hamil imunitas ibu mengalami penurunan sehingga mudah tertular atau terinfeksi. Selain itu, menurut WHO selama Covid-19 ada gangguan pelayanan kesehatan dan nutrisi esensial bagi ibu, bayi, anak-anak dan remaja sehingga berpotensi menyebabkan kesakitan dan kematian ibu, bayi dan anak. Dan sebenarnya itu bisa dihindarkan,” kata Iman.

Berdasarkan data Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) tahun 2015 jumlah kematian ibu di Indonesia sebesar 305 per 100.000 kelahiran hidup, dengan kata lain ada 2 ibu di Indonesia yang meninggal setiap jam. Sumut sendiri selalu berada dalam peringkat 5 besar penyumbang kematian ibu di Indonesia dari tahun ke tahun.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sendiri sudah berupaya menurunkan tingkat kematian ibu melahirkan. Pada 18 Desember 2019 Pemprov Sumut menjalin kerja sama dengan US Agency for International Development (USAID) Jalin untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan penguatan sistem rujukan ibu dan bayi baru lahir di Sumut. Namun dengan mewabahnya Covid-19 di dunia, tantangan saat ini semakin besar.

“Dengan adanya Covid-19, tantangan kita menurunkan angka kematian ibu semakin besar. Perlu kerja keras, kerja sama dan dukungan semua pihak. Selain itu juga perlu kesadaran tinggi serta kepatuhan masyarakat mewujudkan upaya ini,” tambah Iman.

 

Cara Menghindari…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan